Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 7 Agustus 2019 | 13:46 WIB

Menyusui ASI Juga Sehatkan Rahim Ibu

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Freepik/freepik
Ilustrasi menyusui/ASI.

VIVA – ASI merupakan sumber nutrisi utama untuk bayi, khususnya di 6 bulan pertama kehidupan. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, ibu yang menyusui ASI juga mendapat manfaat sehat.

Puncak Peringatan Pekan ASI Sedunia pada hari ini, Rabu 7 Agustus 2019 disambut baik oleh Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek. Dalam sambutannya, Menkes Nila mengatakan bahwa menyusui dapat berdampak baik pada bayi.

Baca Juga

"Menyusui ini mengurangi penyakit. Selama menyusui juga kita stimulasi dengan mengelus anak, nah itu memberikan stimulasi ke otak," kata Menkes Nila, ditemui di kantornya, Kuningan, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Saat menyusui, Nila menambahkan, dapat memberi manfaat baik bagi para ibu. Dalam sebuah penelitian, sudah terbukti menyusui berkaitan dengan kesehatan rahim.

Terpopuler

"Usai melahirkan, peranakan atau rahim kita belum mengkerut sempurna. Dengan diberikan oksitosin, dia akan lebih sempurna, (produksi oksitosin) diperoleh dari menyusui dan sentuhan kasih sayang suami," tambah Menkes.

Menkes juga menilai bahwa pemberian ASI dengan menyusui dapat menghemat keuangan keluarga. Hal ini dikaitkan dengan minimnya pengeluaran karena tidak perlu membeli susu formula untuk sumbèr nutrisi anak.

"Susu kaleng beli pakai uang kan, tapi kalau menyusui tidak perlu bayar. Kita tidak perlu mengeluarkan uang sehingga bisa menyimpannya untuk kebutuhan lain," tuturnya. (nsa)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Status Waspada, Anak Krakatau Terus Luncurkan Abu Vulkanis
TVONE NEWS - 13 menit lalu