Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 7 Agustus 2019 | 16:36 WIB

Coolbox Bisa Jadi Solusi Simpan ASIP Beku saat Mati Listrik

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Instagram/@bebefreezer
Stok ASIP

VIVA – Mati listrik massal yang terjadi di beberapa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat memberi kekhawatiran pada banyak pihak, termasuk ibu menyusui. Drama stok ASI Perah (ASIP) mencair dan tak bisa lagi dikonsumsi banyak dikeluhkan oleh para ibu bekerja yang juga menyusui.

Tak sedikit dari mereka yang harus membuang stok ASI Perah (ASIP) karena sudah benar-benar cair dan tak dapat dibekukan kembali. Padahal, perjuangan untuk memerah ASI bukan hal yang mudah bahkan tergolong berat.

Baca Juga

Untuk mencegah drama ASIP mencair saat listrik padam, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyarankan agar para ibu bekerja dan menyusui mempersiapkan coolbox. Ini bisa menjadi wadah penyelamat ASIP di saat listrik padam maupun keadaan darurat lainnya.

"Sebenarnya ada sih ya tempat (coolbox) mungkin pada waktu itu masih ada bisa digunakan. Biasanya sudah punya, jadi dari tempat kerja sampai dia pulang (ASI perah) ditaruh di coolbox. Kan bisa masukkan itu," ujarnya ditemui di kantornya, Kuningan, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Terpopuler

Perlu diketahui, coolbox biasanya berupa kotak plastik yang mampu mempertahankan suhu di dalamnya termasuk ASIP beku.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Nia Umar, menuturkan bahwa saat ASIP sudah terlanjur cair, boleh segera diberikan pada bayi. Sebab, ASIP yang sudah terlanjur mencair hanya dapat bertahan lama hingga 3 hari di dalam lemari pendingin (bukan freezer).

"Harus segera diminum. Kalau sudah tidak ada lagi kristal es batunya, harus dihabiskan dalam waktu 3 hari agar tidak basi," kata dia. (nsa)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Status Waspada, Anak Krakatau Terus Luncurkan Abu Vulkanis
TVONE NEWS - 20 menit lalu