Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 8 Agustus 2019 | 06:00 WIB

Enggak Cuma Ibu yang Harus Siaga Kasih ASI, Tapi Ayah Juga

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi ayah mengasuh bayinya.

VIVA – ASI menjadi sumber nutrisi utama yang diberikan untuk tumbuh kembang bayi. Pemberian ASI juga identik dengan 'tugas' yang dilakukan oleh para ibu saja.

Padahal, peran ayah untuk memberikan ASI pada buah hatinya juga sangat penting. Hal paling utama yang bisa dilakukan dengan peran 'ayah ASI' ini yaitu memberi perhatian pada ibu.

Baca Juga

"Ayah harus mendukung untuk ibu yang sedang hamil dan juga menyusui. Peran ayah penting dengan memberikan perhatian agar ibu bahagia dan juga ASI menjadi lebih lancar," ujar Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek, di kantornya, Kuningan, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Rasa bahagia tersebut muncul saat kasih sayang yang dibutuhkan para wanita terpenuhi melalui perhatian para suami. Dengan adanya rasa bahagia, otak di tubuh para ibu pun bisa dengan mudah memproduksi ASI.

Terpopuler

"Karena dibuktikan dengan ibunya dalam keadaan happy, akan keluar hormon oksitosin yang menyebabkan ibu jadi lebih sehat," kata Menkes lagi.

ASI yang diproduksi dengan lancar, tentu berdampak baik pada buah hati. Tak hanya dapat kebutuhan nutrisinya, bayi yang disusui langsung juga bisa terhindar dari penyakit.

"Skin to skin dengan letakkan di perut, dia akan mencari puting ibunya dan akan mendapat bahan mencegah penyakit dari kulit ibunya. Dan ini kolostrum membuat bayi kuat dari penyakit diikuti dengan ASI eksklusif dan makanan pendamping," tambah Menkes.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Status Waspada, Anak Krakatau Terus Luncurkan Abu Vulkanis
TVONE NEWS - 15 menit lalu