Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 13 Agustus 2019 | 06:10 WIB

4 Trik Bikin Anak Jatuh Cinta Pada Matematika

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Foto :
  • dok. pixabay
Ilustrasi anak belajar.

VIVA – Jerome Polin dikenal sebagai influencer pendidikan yang aktif memberikan edukasi positif untuk remaja dan anak-anak. Ia sangat menyukai pelajaran matematika dan karena itu ia tidak hanya berhasil menjuarai berbagai macam olimpiade matematika tapi juga juga berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di Waseda University Jepang dengan peminatan Matematika Terapan.

Pemilik kanal YouTube Nihongo Mantappu dengan 1,7 juta subscribers ini menyadari bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cenderung tidak disukai dan bahkan ditakuti oleh banyak pelajar. Karena itu, laki-laki berusia 21 tahun tersebut membagikan beberapa tips untuk para orang tua agar lebih mudah membuat anak-anaknya jatuh cinta pada matematika.

Baca Juga

Mengenalkan matematika pada anak

“Sering banget aku lihat di banyak kasus, anak enggak suka matematika karena dari awal pun sudah enggak paham matematika. Nah, manusia itu cenderung enggak suka sama apa yang mereka belum pahami. Jadi perlu diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana sih caranya. Baru setelah itu anak akan paham dan ujungnya akan lebih mudah suka pelajaran matematika,” kata Jerome dalam siaran pers Zenius Education kepada VIVA.

Terpopuler

Menanamkan mindset kalau matematika itu menyenangkan

“Dulu pas aku kecil, aku merasa tertantang dengan soal matematika. Kalau bisa jawab soal, rasanya senang banget karena seperti bisa selesaiin tantangan yang semakin lama semakin sulit,” lanjut mahasiswa kelahiran Surabaya tersebut.

Jerome melanjutkan, matematika itu juga bermanfaat untuk latihan berpikir. Nah, sukses menghadapi tantangan yang bermanfaat itu rasanya menyenangkan, dan orangtua bisa ilustrasikan serunya matematika supaya anak-anak penasaran dan tertarik untuk latihan matematika.

Memberikan apresiasi untuk prestasi anak di pelajaran matematika

“Ketika aku berprestasi di suatu bidang, dalam hal ini matematika, aku dapat pujian dari banyak orang. Enggak bohong kalau aku senang dipuji banyak orang, dan manusia pada dasarnya memang begitu, kok. Tanpa disadari pujian itu menyenangkan sehingga kalau orangtua sering kasih pujian ke anaknya sekecil apa pun perkembangannya dalam matematika, anak pasti akan semakin semangat dan rajin untuk belajar, apalagi kalau sebelumnya sudah menemukan serunya matematika,” ucap Jerome.

Mencarikan guru matematika yang berkualitas

Menurut Jerome, guru yang baik adalah pengajar yang sabar, luwes, dan tidak kaku menjelaskan pelajaran matematika dengan sebaik-baiknya.

“Matematika itu pasti, mau dibawa ke negara apa pun hasilnya tetap sama. Nah, aku suka matematika itu dari jaman sekolah. Dulu pas SMA, aku pengguna Zenius pas jaman masih bentuk CD, DVD, dan website. Kebetulan kak Sabda adalah tutor yang mengajar matematika. Aku makin suka matematika karena kak Sabda ngajarin konsep yang bikin aku ngerti sampai ke akar-akarnya,” ujar Jerome.

Topik Terkait
Saksikan Juga
20 Capim KPK Jalani Tes Medis di RSPAD Gatot Subroto
TVONE NEWS - 13 menit lalu