Bunda, Ini Tips Agar Si Kecil Semangat Belajar di Sekolah

Ilustrasi anak belajar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Usia sekolah merupakan tahap perkembangan baru bagi seorang anak. Saat memasuki sekolah dasar, ada banyak hal yang berubah dalam kehidupannya, mulai dari waktu sekolah yang teratur dan semakin panjang, mata pelajaran yang semakin padat, dan pengaruh sosial lingkungan yang meningkat.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong semangat anak, seperti mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain, dan merayakan setiap keberhasilan. Terlebih masing-masing anak memiliki keunikan sendiri, karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak.

Agar dapat memberikan dukungan penuh untuk si buah hati siap sekolah dan meraih prestasi, menu sarapan buah hati salah satunya harus diperhatikan. Pakar gizi, Wahyu Kurnia Yusrin Putra S.Km, M.K.M, mengungkapkan mempersiapkan fisik anak artinya memberikan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan anak. Asupan gizi yang dibutuhkan agar anak sehat dan kuat untuk siap sekolah mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin, serta mineral, yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal.

"Selain itu, diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak," ujar Wahyu lewat rilis yang diterima VIVA dari Nestle Dancow FortiGro.

Selain mempersiapkan fisik anak, orang tua juga harus mempersiapkan semangat anak untuk siap sekolah. Psikolog, Alfath Hanifah Megawati, S.Psi., M.Psi menjelaskan, anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya di aktivitas yang ia lakukan, baik secara fisik dan mental.

"Ciri-ciri anak yang bersemangat antara lain memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah," katanya.

Manfaat sekolah, Alfath menjelaskan, bisa diperoleh apabila anak memiliki semangat, dan semangat dapat muncul apabila anak memiliki orang tua yang mendukung, berada dalam lingkungan
sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental.