Tips Mudah Kenalkan Anak Aktivitas Menyikat Gigi

Ilustrasi sikat gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Punya anak usia di bawah tiga tahun (batita), jadi masa penuh perjuangan buat para ibu. Salah satunya untuk urusan menggosok gigi anak. 

Enggak sedikit para ibu mengeluhkan anaknya yang tak suka gosok gigi. Si kecil Sering kabur-kaburan, menutup rapat mulutnya, nangis, bahkan berontak. Lalu bagaimana caranya mengajarkan agar anak mau menggosok gigi? 

Spesialis gigi Drg Oktri Manessa selaku founder OMDC Klinik menyebutkan untuk mengenalkan anak untuk menyikat gigi pada anak bisa diajarkan sejak dini. Oktri menjelaskan hal ini bisa dimulai dari sejak usia 6 bulan.

“Gigi susu tumbuh pada anak rentang usia 6 bulan hingga 2,5 atau 3 tahun. Untuk enam bulan bisa diberikan sikat gigi yang dijadikan mainan. Anak kecil selalu suka memasukkan apapun ke mulut, kasih sikat gigi untuk dia jadikan mainan dulu,” ujarnya saat grand opening OMDC Rawamangun Jakarta Timur, Sabtu 14 September 2019.

Dia melanjutkan hal tersebut bisa menjadi salah satu metode untuk pengenalan pada anak terkait dengan menyikat gigi. Tapi kata dia, pilih juga sikat gigi yang aman bagi bayi, usahakan untuk tidak memilih sikat gigi yang ujungnya terdapat karet. Hal ini ditakutkan malah akan tertelan oleh anak. 

Lebih lanjut menurutnya ketika usia satu tahun, sebaiknya anak kembali dikenalkan dengan sikat gigi. Biarkan anak untuk mencoba menyikat gigi sendiri. 

“Teknik sikat gigi tak ada patokannya. Biarkan anak mencoba sikat gigi sendiri enggak apa-apa. Nanti setelah itu baru gantian ‘Nak sekarang giliran mama’ biarkan anak eksplore dulu,” ujarnya.