Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini untuk Bentuk Kecerdasan Si Kecil

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Pendidikan anak usia dini atau PAUD menjadi salah satu tahapan terpenting yang perlu dilalui oleh tiap anak di masa tumbuh kembangnya. Di masa PAUD, anak tak hanya diberikan pendidikan sosial namun juga perkembangan psikis untuk kesejahteraan anak.

Memberikan kualitas terbaik di masa mendatang anak perlu ditekuni sejak dini khususnya sejak masa PAUD. Tahapan PAUD mengajarkan anak untuk bisa mendapatkan rasa bahagia melalui ilmu pendidikan yang tepat.

"Awareness orangtua bahwa anak usia dini adalah golden age untuk memberikan perhatian agar anak menjadi lebih berkualitas dibanding generasi sebelumnya. Pendidikan anak usia dini sangat penting dan tidak merugikan," ujar perwakilan dewan CRNA untuk Indonesia, Sofia Hartati, dalam konferensi pers Child Research Network Asia di Universitas Negeri Jakarta, Kamis 26 September 2019.

Sofia melanjutkan bahwa Indonesia memiliki tujuan untuk menyiapkan dan memberikan pembekalan pada anak-anak Indonesia agar menjadi anak-anak yang berkualitas di masa mendatang. Sehingga melalui PAUD, anak-anak bisa mengejar kebahagiaan dari sudut pandang biologis dan sosial.

"'llmu Anak yaitu konsep ilmiah yang mengintegrasikan ilmu psikologi perkembangan, ilmu perilaku, kedokteran, sosiologi, ilmu kesejahteraan anak, pendidikan, dan disiplin ilmu lainnya terkait tumbuh kembang anak. Ini yang akan seluruh akademisi paparkan, di dalam dunia pendidikan anak usia dini, akan banyak memberikan insight baru khususnya untuk para Guru Taman Kanak-kanak," jelasnya lagi.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud, Harris Iskandar bahwa anak yang diberikan ilmu pendidikan tepat di masa PAUD adalah momen yang baik untuk pembentukan karakternya.

"Sekali pemahaman didapat maka penyebaran PAUD bakal lebih mudah. Karena anak di masa PAUD pembentukan karakter dan masa emasnya anak untuk pembentukan kecerdasannya," ujar Dirjen Harris.

Sukses digelar di Shanghai dan Jepang pada tahun 2017 dan 2018, Konferensi internasionaI Child Research Network Asia (CRNA) kembali digelar pada 25-28 September 2019 di Universitas Negeri Jakarta. Mengangkat tema besar “Developing Children's WellBeing through Eduation and Parenting” di tahun ketiga, Indonesia dipercaya menjadi Tuan Rumah dalam penyelenggaraan konferensi internasional CRNA untuk memberikan paparan terkait tumbuh kembang anak di masa emas saat PAUD.