Baik Bagi Pembuluh Darah, Ini Manfaat Ajak Si Kecil Main Trampolin

Ilustrasi bermain trampolin
Sumber :
  • Pixabay/ Cotrim

VIVA – Bermain sudah menjadi aktivitas wajib yang dilakukan anak-anak di dalam kesehariannya. Tak hanya menyenangkan, bermain juga memiliki segudang manfaat seru mulai dari kesehatan fisik hingga kepintaran anak. 

Salah satu permainan yang bisa dicoba si kecil yaitu trampolin. Permainan ini dilakukan dengan cara melompat di arena khusus sehingga mempermudah pergerakan si kecil. Meski terlihat mudah, permainan ini perlu pengawasan serta arena yang tepat, moms.

Arena bermain trampolin yang bisa dicoba si kecil ada di Houbii Urban Adventure Park, wahana indoor di Indonesia untuk keluarga yang berlokasi di Pondok Indah, Jakarta. Houbii memiliki luas lebih dari 3,000m dan berkapasitas hingga 1500 orang dengan rancangan arena yang modern serta aman untuk semua orang.

"Alternatif kegiatan keluarga yang bermanfaat sekaligus menyenangkan. dengan melompat di area trampolin, memanjat di area climb dan ropes, hingga berlari dan melompat di area Dodge ball serta Houbii Slam. Anak-anak yang berkunjung ke Houbii juga ditemani oleh keluarganya, sehingga kami percaya bahwa rangkaian kegiatan yang Houbii tawarkan dapat mempererat kekeluargaan sekaligus menurunkan kadar stress dan berdampak pada keluarga yang semakin bahagia," ujar General Manager Houbii Urban Adventure Park, Edo Ariesta Afrianto, dalam temu media, Minggu 15 Desember 2019.

Edo melanjutkan, sebanyak 12 permainan yang tersedia di Houbii, 4 diantaranya aman untuk usia anak-anak bahkan untuk usia 3 tahun kebawah serta sudah disesuaikan dengan standar Internasional untuk keselamatan olahraga dalam ruang. Masing-masing arena permainan di Houbii juga didampingi oleh Captain yang secara sigap mengajari teknik melompat sekaligus mengawasi keamanan area tersebut.

Trampolin sendiri menjadi salah satu aktivitas yang dapat memberikan latihan sangat bagus untuk jantung. Melalui kegiatan ini, otot-otot menjadi rileks dan berkontraksi setiap melakukan pantulan sehingga melatih jantung lebih kuat dan otot-ototnya lebih kencang.

"Melompati trampolin juga dapat membuka pembuluh baru dalam sistem kardiovaskular balita. Dalam jangka panjang, pembuluh ini dapat membantu untuk melindungi jantung anak-anak dari segala jenis penyakit," ungkapnya lagi.

Selain itu, trampolin dapat menawarkan lebih dari sekadar kesenangan, melompat dengan trampolin turut membantu meningkatkan kekuatan kaki dan keseimbangan dinamis bagi orang dewasa muda terutama untuk mereka yang melakukan latihan trampolin secara rutin akan memiliki potensi baik untuk meningkatkan kesehatan dengan cara yang menyenangkan, seperti disebutkan pada riset yang dilakukan Nanyang
Technology University.