Jangan Beri Susu Formula pada Korban Banjir, Ini Alasannya

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA – Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabodetabek, membuat sejumlah orang terjebak dan sulit dievakuasi dari tempat tinggal. Dari seluruh korban banjir yang terdampak, ada juga ibu hamil, bayi, balita hingga manula yang terjebak. 

Banyak dari mereka berharap untuk segera dievakuasi dan juga mendapat bantuan bahan-bahan pokok. Namun, jika kamu ingin memberi bantuan sebaiknya pertimbangkan lagi untuk memberikan susu formula untuk bayi atau balita yang terdampak. 

Seperti dilansir dari Bellybelly, donasi susu formula dapat menyebabkan wabah diare, karena kurangnya sabun, air minum aman untuk diminum dan bahan bakar menyebabkan kesulitan kebersihan untuk pemberian susu formula. Tanpa akses ke perawatan medis yang memadai, ini dapat mengakibatkan banyak kematian.

Dalam kondisi bencana, penting untuk menemukan bayi mana yang dapat dan tidak dapat disusui. Penting juga untuk mengidentifikasi bayi yang diberi makanan campuran.

Baca Juga: Jatuh dari Atas Rumah, Warga Bukit Duri Meninggal di Tengah Banjir

Jika memang mengharuskan memberi susu formula, perlu dipastikan semua sumber daya yang diperlukan untuk menggunakannya, pendidikan tentang cara membuat susu formula, dan pemantauan kesehatan. Sehingga bayi dapat diberi makan dengan tingkat keamanan setinggi mungkin.

Selain itu, dalam keadaan darurat bencana berskala besar, bayi yang tidak memiliki akses ke ASI berada dalam bahaya besar. Dalam situasi seperti itu, merupakan prioritas untuk memastikan bahwa sebanyak mungkin bayi diberikan ASI eksklusif, karena ini memberi mereka kesempatan terbaik untuk bertahan hidup.

Peningkatan angka pemberian susu formula dalam situasi darurat meningkatkan risiko penyakit dan kematian yang signifikan. Pengalaman sebelumnya dari krisis telah menunjukkan bahwa ibu menyusui yang diberi sumbangan susu formula dalam keadaan darurat biasanya akan memberi susu formula ini kepada bayi mereka.

Selain itu, ibu menyusui sering akan meminta pasokan susu formula dari organisasi bantuan. Ada banyak alasan untuk ini. Salah satu alasan umum adalah bahwa wanita percaya bahwa stres atau kekurangan makanan mereka dapat mencegah mereka memproduksi ASI yang cukup

Jika seorang ibu menyusui mulai menggunakan susu formula, itu tidak hanya meningkatkan risiko dia mengurangi atau berhenti menyusui tetapi juga menciptakan masalah ketika formula yang disumbangkan habis.

Bisakah dia melanjutkan pemberian susu formula ketika donasi habis? Jika sebuah keluarga tidak mampu membeli susu formula, ini meningkatkan risiko susu formula encer, atau pengganti seperti susu sapi encer yang digunakan; ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Menyusui ASI eksklusif adalah cara paling aman untuk memberi makan bayi dalam situasi darurat. Ini membantu melindungi bayi dari infeksi, yang lebih umum terjadi dalam situasi seperti itu. Oleh karena itu sumbangan susu formula tidak membantu dan bisa sangat berbahaya.