Empat Masjid Menarik di Thailand, Salah Satunya Jawa Mosque

Masjid Bangluang, Bangkok, Thailand
Sumber :
  • beautifulmosque.com

VIVA – Meski bukan negara Muslim, Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang menarik minat wisatawan Indonesia untuk dikunjungi. Keindahan warisan budaya yang bercampur dengan modernitas masyarakatnya membuat pesona negeri Gajah Putih ini seolah tak pernah ada habisnya. Tak akan bosan rasanya meski datang ke Thailand berulang kali.

Sudah ke Khaosan Road yang kerap disebut sebagai kawasan gaul para pelancong di seluruh dunia, atau menikmati keindahan dan keagungan Kuil Wat Pho dan Wat Arun? Jangan lupa juga, mengunjungi beberapa masjid yang berdiri di Thailand. Dari brosur Tourism Authority of Thailand, ini daftar masjid yang mempesona dan harus dikunjungi jika datang ke Thailand.

Indonesia Mosque (Masjid Polo)

Terletak di dekat Kedutaan Besar Amerika dan Taman Lumphini, Masjid Indonesia atau Masjid Polo merupakan tempat ibadah yang tenang, bersih dan penuh kedamaian. Di bagian luarnya juga terdapat toko makanan halal.

Alamat: Soi Polo 5 Wittaya Road, Lumphini

Jawa Mosque

Berdiri tahun 1906, jangan heran jika tiba-tiba ada yang menyapa dalam bahasa Jawa di sekitar masjid ini. Arsitektur masjid yang kental dengan gaya-gaya masjid tanah Jawa membuat lupa bahwa kita sedang ada di negara Thailand.

Jiwa berkendara dengan mobil, hati-hatilah karena gang di sini sangat kecil.

Lokasi : 707 Soi Rong Nam kaeng, Sathorntai Road, Yannawa

Bang Luang Mosque

Dibangun tahun 1767 oleh Muslim Thailand yang tinggal di kanal Bang Luang di era Raja Taskin, ini merupakan salah satu masjid tertua di Bangkok dan merupakan satu-satunya masjid yang tetap menggunakan bata dan beton (gaya tradisional Thailand). Masjid ini memiliki 30 menara yang disebut sebagai simbol dari adanya 30 juz dalam Al Qur'an.

Lokasi: Soi Wat Kanlaya, Tessaban sai 1 Road, Bangkok Yai

Ton Son Mosque

Dibangun pada masa Ayutthaya 1688, sebenarnya masjid ini disebut Kudai Yai, merupakan bangunan rumah dari kayu jati dengan atap ubin terakota menyerupai aula Biara Budha. Kemudian tempat ini direnovasi menjadi bangunan bata seluruhnya dan dibangun kembali dari awal pada tahun 1952 dengan beton karena ketidakstabilan sebelumnya. Sekarang masjid ini diberi nama Ton Son yang dalam nama Thailand artinya pohon cemara kembar.

Lokasi: Soi Wat Hong Rattanaram, Arun Ammarin Road, Bangkok Yai. (terletak di belakang Wat Arun)