685 Pelari dari 8 Negara Meriahkan Maraton Internasional di Danau Toba

Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Pemerintah Kabupaten Samosir sukses menyelenggarakan Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018, di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara diikuti 685 peserta dari 8 negara, Sabtu pagi, 22 September 2018, sekitar pukul 05.30 WIB.

Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018 mengambil start dan finish di Aek Rangat Pangururan, Kabupaten Samosir. Ratusan pelari internasional sudah dipastikan dimanjakan dengan keindahan alam Danau Toba di pagi hari.

"Kita gembira, karena keikutsertaan dan partisipasi dari berbagai negara. Event olahraga ini, sebagai tanda bahwa event dilaksanakan di Samosir berstandar internasional dan semakin dikenal di berbagai negara," ucap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro, kepada wartawan, Minggu siang, 23 September 2018.

Ombang mengungkapkan, Samosir Lake Toba Ultra 2018, diikuti pelari asal negara Kenya, Singapura, Malaysia, Jepang, Amerika, Inggris, Indonesia, dan Cina. "Untuk Lake Toba Ultra Marathon dibagi 4 katagori, yakni 5 K, 10 K, 25 K dan 50 K," kata Ombang.

Ia menyebutkan, Samosir Lake Toba Ultra tahun keempat ini, dikuti seorang pelari lanjut usia bernama Chan Weng Fatt (70) peserta yang berasal dari Singapura. Selain dimanjakan dengan pemandangan, ratusan pelari disuguhkan oleh tarian etnis Batak untuk meriahkan acara tersebut.

"Dan kita berharap event ini, akan menjadi salah satu pembangkit untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Danau Toba di Kabupaten Samosir," jelas Ombang.

Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018 juga bertujuan untuk mempromosikan Danau Toba kepada peserta yang berasal dari berbagai negara. Kemudian, menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke danau terbesar nomor 2 di Dunia ini. Targetnya juga untuk menuju 1 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Danau Toba 2019.

"Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018 sudah tahun keempat kita laksanakan. Target event, semua peserta nyaman dan menikmati wisata di Danau Toba dengan keindahan alamnya," tutur Ombang.

Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPOD) menyambut baik dan mengapresiasi event internasional yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir. Diharapkan para peserta dari 8 ?negara itu, menjadi duta untuk memperkenalkan atau mempromosikan Danau Toba di masing-masing negara mereka.