5 Kesalahan saat Traveling yang Harus Dihindari

Ilustrasi perjalanan.
Sumber :

VIVA – Entah itu traveling atau melakukan dinas kerja ke luar kota atau luar negeri, semua orang pasti ingin perjalanan mereka lancar, nyaman dan menyenangkan. Namun, tetap ada sejumlah risiko yang bisa merusak rencana perjalanan Anda.

Untuk itu, hindari lima kesalahan traveling berikut agar perjalanan Anda lancar sesuai dengan rencana, seperti dilansir dari laman Reader's Digest.

1. Meletakkan obat-obatan di dalam koper

Terkadang Anda terpisah dengan barang bawaang Anda untuk periode waktu yang lama saat berada di dalam perjalanan. Itulah sebabnya, Anda sebaiknya meletakkan obat-obatan di dalam tas yang tidak ditaruh di bagasi pesawat, melainkan Anda bawa ke dalam kabin.

Setidaknya, jika koper Anda tertinggal di bandara tempat Anda transit, maka Anda tak perlu khawatir karena obat-obatan dan barang-barang yang Anda perlukan sudah Anda bawa ke dalam kabin.

2. Tidak menukarkan Rupiah ke mata uang asing

Saat berpergian ke luar negeri, selalu siapkan uang tunai dengan mata uang negara yang Anda tuju sebelum berangkat. Tujuannya agar Anda tak akan kebingungan saat sampai di sana dan harus mengeluarkan uang. Nilai tukar mata uang asing di Indonesia juga lebih baik, jadi selalu tukarkan mata uang sebelum berangkat.

Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa menukarkan Rupiah ke Dollar Amerika Serikat. Nantinya, ketika sampai di negara tujuan, lebih mudah untuk mencari tempat penukaran uang yang menerima dollar AS.

3. Lupa tidak mengunci koper

Koper modern saat ini memang sudah dilengkapi dengan kunci kombinasi menggunakan angka. Namun, tak ada salahnya tetap mengunci koper Anda dengan menggunakan gembok untuk berjaga-jaga.

4. Tidak mengunjungi klinik sebelum berangkat

Penting untuk melakukan vaksiniasi sebelum Anda berangkat ke daerah yang rawan terhadap virus atau penyakit tertentu. Anda direkomendasikan untuk mengunjungi klinik atau rumah sakit setidaknya empat atau enam minggu sebelum traveling.

5. Tidak memakai asuransi travel

Jangan buru-buru menolak, asuransi travel adalah sesuatu yang patut Anda pertimbangkan. Tergantung pada destinasi tujuan atau aktivitas yang Anda ingin lakukan di sana, asuransi travel bisa mencegah Anda mengeluarkan biaya tambahan yang tidak perlu, ketika liburan Anda tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.

Apalagi kini asuransi travel menawarkan premi dengan harga yang terjangkau, namun tetap memberikan benefit yang maksimal. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh happyTrip dari happyOne.id.

Happy One menawarkan dua jenis asuransi travel, yaitu HappyTrip Domestik yang memiliki keunggulan perlindungan pembatalan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, keterlambatan penerbangan, biaya medis akibat kecelakaan dan evakuasi medis darurat dan repatriasi.

Sedangkan HappyTrip International akan memberikan perlindungan pembatalan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, keterlambatan penerbangan hingga biaya medis akibat kecelakaan dan sakit.

Dengan memiliki asuransi travel, Anda pun bisa berpergian dengan tenang dan nyaman, karena sudah bersiap atas segala kemungkinan buruk. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat dari happyTrip bisa dilihat di www.happyone.id.

Ditulis oleh: Tasya Paramitha