Tak Hanya Wisata, Mataram Juga Punya Kampung Siaga Bencana

Kota Mataram sebagai Kampung Siaga Bencana
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Tak hanya memiliki Pulau Lombok, sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ternyata punya kelebihan lain. Baru-baru ini, kota Mataram didaulat sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB).

Hal itu untuk mengantisipasi terjadi kembali gempa bumi yang sempat menghantam Lombok dan sekitarnya.

Kementerian Sosial memfasilitasi terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lokasi ini merupakan KSB ke 635 di Indonesia dan KSB kedua yang dibentuk Kemensos di Kota Mataram, sebelumnya di kelurahan Babakan, Kecamatan Sandubaya.

"Kenapa dipilih kota ini sebagai Kampung Siaga Bencana, karena daerah ini merupakan kawasan yang rawan terjadi gempa," tutur Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat.

Data Pemkot Mataram mencatat akibat gempa bumi beberapa bulan lalu sebanyak 13.000 lebih rumah mengalami kerusakan dan 2.000 rusak berat di kota ini.

Pembentukan KSB ini ditujukan untuk mengurangi dampak bencana sekaligus sebagai bagian dari mitigasi bencana.

Dalam pendirian KSB, dikatakan Harry melibatkan semua pihak Pemda, TNI, Polri, BPBD dan seluruh pilar-pilar sosial termasuk pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) karena sebagian warga yang terdampak bencana adalah Keluarga Penerima Manfaat bantuan PKH.

"Kebersamaan seluruh unsur sangat dibutuhkan dalam mengatasi bencana. Jika terjadi bencana Pendamping PKH dan TAGANA 1 jam harus sudah di lokasi. Saat terjadi bencana ada penerima manfaat PKH ada yang jadi korban bencana. Sehingga mereka juga harus sadar dan paham penanggulangan bencana," pungkasnya.

Seperti diketahui Kota Mataram memiliki spot wisata menarik seperti Pantai Ampenan, Pantai Penghulu Agung, Gunung Rinjani – Taman Narmada, Kota Tua Ampenan dan masih banyak lagi.