Makin Banyak Wisatawan Indonesia Pilih Wisata Kapal Pesiar

Sapphire Cruises
Sumber :
  • Viva.co.id/Bimo Aria

VIVA – Kian hari, makin banyak wisatawan Indonesia yang memilih berlibur dengan menggunakan cruise atau Kapal Pesiar. Fasilitas penunjang layaknya hotel bintang lima serta rute destinasi yang ditawarkan, menjadi salah satu sebab cruise banyak digemari. 

Setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah wisawatan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Asia Tenggara Princess Cruises, Farriek Tawfiek, saat berbincang dengan VIVA, dalam perjalanan menggunakan Sapphire Cruises. 

"Tahun 2016 jumlah wisatawan yang berwisata dengan kapal pesiar itu 33.200, di tahun 2017 jumlah ini meningkat 40,2 persen menjadi 46.700 wisatawan," ungkap Farriek, di Singapura, Sabtu 19 Januari 2019. 

Namun, Farriek juga menyampaikan bahwa pada 2017 lalu wisatawan dari Indonesia hanya 1,2 persen dibandingkan 4 juta wisatawan Asia. Sebab itu Indonesia memiliki potensi wisatawan kapal pesiar yang besar. .

"Selain itu, berdasarkan data dari Euromonitor Internasional, Indonesia memiliki kelas menengah keempat terbesar di dunia dengan 19,6 juta rumah tangga pada tahun 2016, angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 23,9 juta pada tahun 2030," ungkap Farriek.

Kelas menengah yang tumbuh pesat dan meningkatnya kekayaan konsumen di Indonesia ini menciptakan peningkatan permintaan untuk liburan mewah di luar negeri. Hal ini, menurut Farriek juga akan terjadi di 2019. 

Meski belum bisa memastikan angka pasti pertumbuhannya, namun ia yakin bahwa peminat wisata dengan. Ini juga menjadi tantangan tersendiri baginya untuk terus memperkenalkan. 

"ltulah sebabnya kami bekerja sama dengan mitra agen perjalanan lokal untuk memberikan edukasi bahwa berwisata pesiar merupakan sebuah pilihan liburan nyaman, mudah, terjangkau, mewah. dan cocok untuk semua anggota keluarga," kata dia.  (mus)