4 Pesona Gyeongnam Korea Selatan, Wajib Masuk Daftar Liburan 2019

Jinjuseong Fortress
Sumber :
  • Korea Tourism Organization

VIVA – Korea Selatan belakangan menjadi tempat wisata favorit masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena negara bersalju, sejumlah tempat wisata di Korea Selatan juga menjadi daya tarik karena keindahan alamnya.

Selain wisata terkenal dengan tempat wisata seperti Menara Namsan di Seoul, Pulau Nami, dan Jeonju Hanok Village, Korea Selatan kini juga memiliki destinasi wisata alam baru seperti Wonju Sogeumsan Mountain Suspension Bridge, Danyang Macheonha Skywalk, Oedo-Botanica dan masih banyak lagi destinasi memesona lainnya.

Jika Anda tengah merencanakan liburan di Korea Selatan dalam waktu dekat ini, beberapa daftar tujuan wisata yang harus masuk ke bucket-list tahun ini adalah tujuan wisata di daerah Gyeongsangnam atau Gyeongnam. Negeri Ginseng ini juga memiliki beraneka ragam pemandangan laut yang tak kalah menawan.

Seperti diketahui, Korea Selatan merupakan negara semenanjung, di mana bagian barat, selatan dan timurnya dikelilingi oleh laut. Di bagian selatan, yang merupakan bagian dari wilayah Gyeongnam, pesisir pantai Geoje dan Tongyeong menjadi tujuan wisata favorit.

Gyeongnam juga menjadi pusat festival Sakura yang digelar setiap musim semi, yaitu Jinhae Gunhangje Festival. Selain itu, Gyeongnam juga memiliki destinasi wisata memesona lainnya. Pada tahun 2019 ini, ada beberapa destinasi wisata di Gyeongnam yang harus dikunjungi seperti dilansir dari rilis Korea Tourism Organization, berikut ini.

Bukit Angin

Windy Hill atau Bukit Angin merupakan tempat syuting beberapa drama Korea seperti Eve’s Garden dan Merry-Go-Round. Bukit Angin ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan romantis cocok untuk berfoto bersama orang-orang tercinta.

Kuil Haeinsa

Dibangun pada masa Shilla, kuil ini merupakan simbol dari agama Budha yang menyimpan banyak peninggalan dan harta bernilai tinggi dan penting di Korea, di antaranya Cetakan Balok Kayu Tripitaka Koreana, yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Di kuil ini juga ditawarkan program temple stay, jadi wisatawan dapat menginap dan merasakan langsung kehidupan di kuil

Benteng Jinjuseong

Benteng ini memiliki ikatan sejarah dengan invansi Jepang ke Korea pada tahun 1592. Sebagai salah satu benteng terindah di Korea, Jinjuseong terletak di bagian utara sungai Namgang menghadap tepat ke kota Jinju. Di bagian dalam gerbang timur terdapat paviliun Choseong-nu yang terkenal.

Di bagian dalam benteng terdapat memorial Kim Shi-min, Kuil Uigisa, Kuil Hoguksa dan tempat bersejarah lainnya. Kompleks benteng ini terlihat sangat cantik di malam hari karena pantulan cahaya dari sungai Namgang di bawahnya. Ketika memasuki musim gugur, kompleks ini menjadi tuan rumah festival cahaya paling terkenal di Korea, yaitu Jinju Namgang Lantern Festival

Skyline Lude di Tongyeong

Skyline Luge di Tongyeong ini berada tepat di bawah gondola Hallyeosudo, yang membawa pengunjung ke puncak gunung Mireuksan untuk menikmati pemandangan indah kota Tongyeong dan laut yang mengelilinginya. Skyline Luge ini juga merupakan tempat aktivitas luar ruangan menyenangkan dan penuh tantangan, yang cocok bagi pengunjung semua umur. Treknya dirancang dengan tikungan, belokan dan terowongan untuk pengalaman yang lebih mendebarkan. (rna)