Ribuan Cup Kopi Dibagikan Gratis di Stasiun Cirebon

PT KAI bagi-bagi kopi gratis
Sumber :
  • Viva.co.id/Erfan Septyawan, Kontributor Cirebon

VIVA – Puluhan pegawai PT Kereta Api Indonesia Persero (PT KAI) Daop 3 Cirebon membagikan ribuan kopi kepada masyarakat khususnya penumpang Kereta Api (KA) di stasiun Cirebon. Ajang bagi-bagi kopi tersebut dilakukan dalam rangka ‘Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2’.

Bertema Ngopi Bareng KAI #3 - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee, program ini berlangsung karena  tingginya antusiasme masyarakat terhadap gelaran festival Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2 di tahun 2018 yang lalu. 

Vice President Daerah Operasi (VP Daop) 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, mengatakan Ngopi Bareng KAI merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi di Nusantara sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas,” katanya ditemui VIVA di Stasiun Cirebon, Senin, 11 Maret 2019.

Lebih lanjut, ada sekitar 2.500 cup kopi gratis yang disediakan. Selain itu, disediakan juga masing masing 100 cup kopi di setiap perjalanan KA Cirebon Ekspres dan KA Argo Jati. Bagi-bagi kopi ini berlangsung 2 hari yaitu Senin 12 - Selasa 13 Maret 2019. Syaratnya, pembagian kopi hanya untuk penumpang yang dapat menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstal di ponselnya. 

"Masyarakat dan penumpang KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di stasiun dan di kereta api," ungkapnya.

Sebagai catatan, pada Ngopi Bareng KAI jilid 2 tahun lalu, KAI mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai 'Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun'. 

Tak hanya di Cirebon, kopi gratis juga disediakan di 17 stasiun antara lain Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Jember, Medan, Padang, dan Tanjung Karang.

Tak tanggung-tanggung, untuk memeriahkannya KAI menggaet Komunitas Kopi Nusantara dan 200 barista lokal profesional di kereta api jarak jauh hingga menengah. (ase)

(Erfan Septyawan, Kontributor Cirebon)