Booking Tiket Pesawat Domestik Makin Praktis, Ini Tipsnya

Ilustrasi pesan tiket pesawat di Traveloka.
Sumber :

VIVA – Tak peduli seberapa dekat atau jauhnya, yang namanya liburan adalah hal yang menyenangkan bagi semua orang. Jika budget-mu belum cukup untuk bepergian jauh ke luar negeri, tidak usah sedih, karena Indonesia masih punya banyak destinasi keren dari Sabang sampai Merauke.

Selain mudah dijangkau karena masih berada dalam negeri, wisata domestik juga dianggap lebih murah dan tidak ribet. Alasannya karena kamu tidak perlu dipusingkan untuk mengurus dokumen perjalanan lain seperti passport dan visa. Agar makin nyaman dan hemat, berikut ini booking tiket pesawat yang bisa kamu coba!

Sebelum booking

Mengatur budget liburan ternyata tidaklah mudah. Tidak jarang, budget yang sudah ditentukan harus dilanggar demi mendapatkan tiket pesawat sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan. Sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena Traveloka  menghadirkan fitur Price Alert yang bisa membantumu mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah sesuai tanggal keberangkatan dan destinasi impianmu. Begitu kamu masukkan batasan harga untuk sebuah penerbangan, kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika ada tiket pesawat dengan harga yang sesuai budget-mu.

Caranya pun sangat mudah. Pertama,  Login ke aplikasi Traveloka dengan alamat email yang sudah terdaftar, atau buat akun baru. Kemudian masuk ke menu “My Account” dan pilih “Price Alerts”. Klik tanda + untuk menambah notifikasi harga tiket pesawat baru, lalu isi formulir penerbangan mulai dari bandara asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, hingga mata uang yang diinginkan.

Selanjutnya, pilih tipe pemberitahuan, seperti email, push notification, atau keduanya. Pilih juga frekuensi pemberitahuan, seperti sehari sekali, seminggu sekali atau hanya saat harga tiket pesawat di bawah budget kamu, klik “Save”. Tidak perlu repot lagi mengecek harga tiket secara manual setiap saat, bukan?

Saat booking

Meski hanya berlibur ke kota-kota di dalam negeri, bukan berarti kenyamanan saat terbang harus disepelekan. Dengan memesan tiket pesawat di Traveloka, kamu juga bisa menikmati sejumlah layanan penerbangan yang bisa memberikan kenyamanan ekstra saat berlibur, diantaranya:

  • Seat Selection yang memungkinkanmu memilih kursi di tempat favorit saat berada di pesawat.
  • Extra Baggage  yang memungkinkanmu mendapatkan ekstra bagasi langsung tanpa ribet.
  • In-Flight Meal yang membuat perjalananmu makin nyaman tanpa rasa lapar.

Ketiga fitur tersebut bisa kamu akses melalui Traveloka saat melakukan pemesanan tiket. Caranya, tentukan destinasi dan pilih maskapai dan jadwal penerbangan yang kamu inginkan. Selanjutnya, isi detail penumpang lalu klik Continue. Pada Flight Facilities, kamu akan menemukan Select Seat, Baggage dan In-Flight Meal.

Pilih kenyamanan yang kamu inginkan dengan ketiga fitur tersebut lalu lanjutkan proses booking dengan melakukan pembayaran. Praktis, bukan?

Setelah booking

Untuk kenyamanan ekstra saat berada di bandara, sebaiknya setelah melakukan pemesanan tiket, kamu mencoba tiga fitur dari Traveloka berikut ini:

Web check-in, agar kamu bisa langsung check-in secara online sehingga tidak perlu antri dan khawatir ditinggal pesawat saat di bandara.

Airport lounge agar kamu bisa menunggu waktu keberangkatanmu dengan nyaman di lounge bandara.
Baggage wrap, agar koper bagasimu mendapat perlindungan maksimal selama perjalanan.
Ketiga fasilitas di atas bisa kamu akses di menu Online Check-in yang berada di Homepage Traveloka. Tinggal isi setiap detailnya, beres!

Didukung oleh banyak maskapai, Traveloka senantiasa memberikan yang terbaik untuk penerbangan domestikmu ke kota mana pun. Setelah merasakan fitur-fitur spesial di atas, jangan lupa juga untuk selalu memantau status penerbangan kamu setiap saat dengan fitur Flight Status dari Traveloka ya! Selamat liburan!