Destinasi yang Diincar Selama Mudik Lebaran

Wisata di Kota Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • VIVA/Syahrino Putama

VIVA – Menjelang libur Lebaran 2019, kebutuhan transportasi angkutan mudik semakin meningkat. Peningkatan pemesanan tiket transportasi pun, diprediksi terjadi pada dua minggu menjelang Lebaran.

"Untuk peningkatan pemesanan pesawat dan bus itu, biasanya H-15 menjelang Lebaran. Tetapi, juga ada yang melakukan pemesanan last minute di H-3 atau H-2, ini bergantung pada THR (tunjangan hari raya)," kata Head of Growth Management Traveloka, Iko Putera di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 14 Mei 2019. 

Sedangkan peningkatan pemesanan untuk tiket kereta api, kata dia, sudah terjadi pada H-90 menjelang Lebaran. Puncak lonjakan nanti, juga akan terjadi ketika ada kereta tambahan dari PT KAI. 

Di sisi lain, untuk destinasi yang paling populer untuk mudik 2019 ini, berdasarkan riset yang dilakukan pihaknya antara lain Surabaya, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, dan Batam.

Khusus untuk pemudik bus, lanjut Iko, destinasi yang ramai antara lain dari  Semarang, Yogyakarta, dan Malang. Selain itu, ada Medan-Aceh dan Medan-Padang. 

"Jakarta-Surabaya-Jakarta ,lebih banyak pemudik menggunakan pesawat. Selain itu, destinasi yang juga ramai dikunjungi menggunakan pesawat antara lain Jakarta-Makassar, Makassar-Surabaya, dan Kendari," tutur Iko. 

Adapun destinasi yang juga ramai dikunjungi untuk liburan Lebaran bagi masyarakat Indonesia, antara lain Malaysia, Singapura, dan Thailand di negara Asia Tenggara. Serta Jepang, Korea, dan China di kawasan Asia. 

"Jepang, dua tahun terakhir ini paling populer di kalangan masyarakat Indonesia," kata dia. (asp)