Mandalika, Lokasi MotoGP 2021 yang Eksotik di Pulau Lombok

Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara barat (NTB).
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar (Mataram)

VIVA – Penyelenggara MotoGP Dorna Sports bersama Perusahaan Pengembang Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) sepakat memilih Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai lokasi MotoGP 2021.

Guna memastikan progress percepatan pembangunan di kawasan tersebut, Presiden Joko Widodo beberapa kali mengunjungi Lombok meninjau lokasi. Jokowi memastikan pembangunan berjalan cepat dan tepat.

Ditetapkannya Mandalika sebagai lokasi MotoGP, karena memang lokasi ini dinilai menyimpan potensi wisata yang eksotik bagi wisatawan.

Nama Mandalika sendiri diangkat dari legenda sang putri raja di Lombok. Putri Mandalika yang terkenal dengan kecantikan layaknya Cleopatra Mesir, menjadi rebutan banyak pangeran kala itu. Semua ingin mempersuntingnya. Namun, jika harus memilih satu di antara pangeran, tentu risiko perpecahan akan terjadi.

Sang putri pun bersemedi untuk menentukan siapa pilihannya. Usai semedi, pada tanggal ke-20 bulan ke -0 tanggalan Sasak, Putri Mandalika mengumpulkan para pangeran dini hari sebelum matahari bersinar di Pantai Seger atau dikenal dengan Pantai Kuta Lombok. Putri Mandalika memutuskan tidak memilih salah satu di antara puluhan pangeran agar tidak terjadi pertumpahan darah.

Putri Mandalika kemudian melompat dari atas bukit ke pantai. Warga yang mencari sang putri tidak menemukan jasadnya, hanya ribuan cacing laut atau dikenal dengan nama Nyale, yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Hingga kini pada bulan Februari-Maret setiap tahunnya digelar festival Bau Nyale (tangkap cacing laut) untuk mengenang legenda Putri Mandalika.

Tidak hanya legenda epik, kawasan Mandalika juga terkenal dengan pantai-pantai yang membuat wisatawan terpesona. Seperti Pantai Seger yang menjadi lokasi budaya Bau Nyale, Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan dan Pantai Serenting yang terkenal dengan ombak yang indah dan cocok buat berselancar.

Pantai-pantai tersebut memiliki air yang jernih, ombak yang indah, juga pasir yang putih dan besar. Sebagian warga menyebut pasir tersebut sebagai pasir merica. Meskipun besar, namun sangat lembut.

Tidak hanya itu, pengunjung dapat melihat pantai-pantai tersebut dari ketinggian Bukit Merese yang terkenal, dan baru-baru ini menjadi lokasi bulan madu dua selebriti tanah air, Ammar Zoni dan Irish Bella.

Sebenarnya ada satu lagi ikon keindahan Mandalika di sana, yaitu Batu Payung. Batu yang berukuran besar yang muncul ratusan tahun lamanya dan menjadi lokasi swafoto. Namun, awal tahun 2019 lalu, Batu Payung roboh karena diduga dihantam ombak.

Tapi jangan risau, masih ada lagi destinasi kebudayaan di Mandalika. Tidak jauh dari lokasi ada Desa Sade dan Desa Ende yang menjadi desa wisata Lombok. Di sana terdapat banyak kerajinan tangan khas Lombok. Bahkan kain tenun di sana langsung dibeli Jokowi saat mengunjungi Lombok belum lama ini.

Di dua desa tersebut, selain dapat membeli oleh-oleh khas Lombok, pengunjung juga dapat belajar menenun dan menyaksikan atraksi budaya Perisean dan musik atau tarian khas Lombok. Mata pengunjung juga bakal dimanjakan dengan arsitektur setiap rumah yang memiliki ciri khas budaya Lombok.

Keindahan Mandalika yang eksotik memang pantas dikunjungi wisatawan. Banyak sekali keistimewaan di sana yang dapat ditemui. Sehingga tidak heran Jokowi menyebut akan membangun Mandalika menjadi 'Bali baru'.