Mudik Sambil Staycation Diprediksi Jadi Tren Tahun Ini

Jembatan Kali Kuto, Jalur Mudik Tol Trans Jawa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Momen libur lebaran tidak hanya dimanfaatkan masyarakat untuk mudik dan bertemu keluarga. Kesempatan ini juga kerap digunakan untuk berlibur ke berbagai tempat. Namun, kebutuhan menginap pada libur lebaran tahun ini diprediksi berbeda dari sebelumnya. 

"Kami mencatat adanya pergeseran sudut pandang terhadap kebutuhan akomodasi, bahwa saat ini akomodasi tidak hanya menjadi tempat untuk singgah atau menginap tapi telah menjadi sebuah destinasi untuk liburan," ungkap, Head of Marketing Accommodation  Shirley Lesmana, saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Mei 2019. 

Ia menjelaskan pertimbangan dalam memilih akomodasi kini telah beralih fungsi untuk mendapatkan momen kebersamaan bersama keluarga, atau sekadar untuk staycation saat libur Lebaran. Sherly mengungkapkan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan pergesaran tersebut.

"Tren ini dipengaruhi oleh dua faktor utama, pertama itu karena Tol Trans Jawa yang sudah mulai beroperasi. Dengan adanya Tol Trans Jawa ini, Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa tahun 2019 pemudik dengan mobil pribadi akan meningkat sebesar 18 persen," ujar Sherly. 

Di sisi lain, lanjut Sherly, para pemudik dengan mobil pribadi yang meningkat juga berakibat pada tingginya kebutuhan akomodasi untuk singgah selama perjalanan mudik. Sedangkan faktor kedua yang mempengaruhi tren menginap saat libur Lebaran adalah experience economy. 

"Masyarakat menginginkan adanya pengalaman yang tidak terlupakan saat libur Lebaran bersama keluarga," kata dia. 

Lebih jauh, ia mengatakan sebagai Online Travel Agent, pihaknya telah siap menghadirkan stabilitas sistem pemesanan dan pembayaran untuk semua pilihan akomodasi yang tersedia. Selain itu, juga ada sejumlah promo untuk memudahkan pengguna untuk menginap di segala situasi saat libur lebaran. 

"Jadi ada mulai dari kemudahan dalam menemukan tempat menginap saat dalam perjalanan mudik, hingga beragam pilihan vila dan apartemen bagi pengguna yang merayakan libur Lebaran bersama keluarga tercinta," kata dia.