Sahur dan Berbuka Puasa Istimewa di Bali

Hard Rock Hotel Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrotustianah

VIVA – Menikmati Ramadan di Bali punya sensasi tersendiri. Meski tak seramai di Jakarta dan daerah Jawa pada umumnya, toleransi beragama di Bali membuat suasana berpuasa di Pulau Dewata tersebut terasa lebih bermakna.

Sejumlah hotel di Bali membuat program Ramadan untuk menjamu para tamunya. Hard Rock Hotel Bali,  misalnya. Walau didominasi tamu asing, hotel ini tetap memiliki cara sendiri untuk melayani para tamu muslim yang datang. 

Bagi mereka yang berpuasa, hotel keluarga tersebut menyediakan menu sahur, pengganti sarapan, yang bisa diantar ke kamar langsung. Sejumlah menu yang disediakan antara lain Bubur Masjid (semacam bubur ayam gurih), Ayam Taliwang, Soto Madura, Rendang Daging, Sop Buntut, dan sebagainya. 

Tamu juga bisa menikmati sepiring penuh buah yang berisi melon, semangka, pepaya, dan kurma. Minuman lain pun, seperti kopi dan teh bisa ikut dipesan.

Perlu diketahui, untuk menu sahur ini, tamu harus memesan sebelum pukul 00.00 hari sebelumnya. Jika ingin sahur besok, maka tamu harus menghubungi pihak hotel hanya dengan menekan nomor 0 dari telepon kamar sebelum jam 12 malam hari ini. 

"Menu sahur ini pengganti breakfast. Jadi untuk tamu muslim yang berpuasa bisa kita antar sesuai dengan menu dan jam yang dipesan. Mau sahur jam 4, misalnya. Nanti langsung diantar jam segitu ke kamar," tutur Mirah Saraswati,  Marketing Communication Executive Hard Rock Hotel Bali, kepada VIVA beberapa waktu lalu. 

Tak hanya itu, Mirah menambahkan, ada takjil yang disediakan saat makan malam di restorannya. Saat VIVA berkunjung ke sana, takjil yang tersedia berupa kurma, bolu gulung,  risol, dan bubur ketan item.

"Bubur ketan itemnya enak banget. Enggak terlalu manis, gurih pas," kata Ayu, salah satu penikmat takjil di restoran hotel tersebut.