Tips Aman Naik Ojek Online dari Grab

Pengemudi ojek online Grab Indonesia
Sumber :
  • Instagram/@grabid

VIVA – Perjalanan dengan ojek online memang cukup memberikan kenyamanan. Namun yang namanya bahaya, selalu saja mengintai. Oleh karena itu, penumpang tetap diminta waspada saat berkendara menumpang ojek online.

Pada dasarnya, armada yang dimiliki perusahaan transportasi online bukan milik perusahaan tersebut. Seperti Grab, yang membuka pendaftaran siapa pun yang ingin menjadi rekanan armada. Di Grab, hanya driver yang telah melewati pelatihan yang dapat beroperasi dan berasuransi.

Hanya saja, dalam prosesnya tentu Grab tidak bisa seratus persen memantau armada-armada tersebut. Oleh karena itu sebagai pihak yang menggunakan layanannya harus tetap cermat.

Berikut tips mudah dari Grab untuk menjaga diri tetap waspada saat menumpang Ojol.

1. Pelat nomor kendaraan

Selalu cek plat nomor kendaraan yang akan ditumpangi. Jadi jika ternyata pelat nomor atau/dan identitas tidak sama dengan aplikasi, langsung batalkan saja perjalanan tersebut dan melakukan pemesanan baru.

2. Wajah driver

Tidak kalah penting juga selalu cek apakah nama dan wajah driver sama seperti yang muncul di aplikasi. Langkah ini penting untuk dilakukan demi memastikan bukan driver atau kendaraan yang tidak terdaftar yang menjemput Anda. Karena jika terjadi suatu hal yang tidak mengenakkan pihak penyedia layanan akan kesulitan dalam melakukan investigasi.

3. SOS

Selain melakukan pengecekan, ada fitur yang bisa dimanfaatkan oleh Anda. Dalam aplikasi Grab baik untuk Android maupun iOS terdapat fitur keamanan bernama SOS. Pastikan sebelum memulai pemesanan Anda mendaftarkan nomor kontak darurat. Pendaftaran bisa dilakukan melalui menu Account -> Emergency.

Jika ada kejadian yang mengancam keselamatan atau jiwa, Anda bisa menggunakan “Emergency Button” yang ada di pojok kanan atas. Setelah ditekan, maka aplikasi akan secara otomatis menghubungi kontak tersebut. Pastikan fitur ini digunakan hanya dalam keadaan darurat.

4. Share My Ride

Fitur penunjang lain yang bisa memberikan keamanan adalah “Share My Ride”. Sebuah fitur yang memberikan informasi perjalanan yang sedang ditempuh ke anggota keluarga atau teman. 

Pengiriman bisa dilakukan ke berbagai platform. Contohnya, Anda bisa berbagi ke platform Facebook, Twitter, SMS. Informasi yang dikirimkan bersifat real-time, sehingga fitur ini bisa mengingatkan penerima informasi bila Anda terlambat sampai di tujuan atau melebihi perkiraan waktu tempuh.

Beberapa inovasi yang diciptakan oleh Grab di atas dilakukan demi menciptakan ketenangan bagi pengguna dalam mengarungi perjalanannya hingga sampai ke tujuan.