Perjalanan Panjang, Coba 5 Gerakan Yoga Ini di Dalam Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jalan-jalan selalu membuat orang antusias, sejauh apa pun itu, membayangkan apa yang akan dilakukan di tempat tujuan saja sudah membuat bahagia. Terlepas dari itu semua, perjalanan yang panjang berjam-jam di dalam pesawat bisa jadi hal yang melelahkan.

Terlebih duduk di kelas ekonomi yang sempit, kaki yang bengkak, sakit di bagian punggung, pinggang, dan nyeri di bagian leher tidak bisa sembuh begitu saja dengan secangkir teh hangat atau pijatan ringan. Jadi untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan, coba lima gerakan yoga ini selama duduk di dalam pesawat dilansir Yogi Approved.

Peregangan leher

Sederhana dan efektif untuk mengurangi ketegangan yang berasal dari leher sampai ke bawah. Jika terasa pusing selama penerbangan karena perubahan tekanan dalam kabin atau dehidrasi, peregangan ringan ini bisa menyembuhkan.

Cara melakukannya mudah, temukan posisi yang nyaman, baik kaki bersilang atau lurus, tegakkan posisi tubuh dan angkat kepala menghadap atas, tarik napas dalam saat menegakkan kepala, saat menghembuskan napas, arahkan ke kanan melalui bahu kanan. Lemaskan bahu dan otot di wajah.

Eagle arm

Posisi ini untuk meregangkan bagian punggung atas dan bahu. Lakukan dengan duduk dalam posisi yang nyaman, rentangkan seluruh tulang belakang, peluk diri dan silangkan tangan kanan melewati tangan kiri, baik dalam posisi seperti memeluk diri sendiri atau melilitkannya dua kali, lakukan hingga kedua telapak tangan bersentuhan. Tarik napas dan angkat siku ke arah atas dan saat mengeluarkan napas tekan kedua tangan menjauhi wajah.

Seated spinal twist

Sakit di bagian punggung karena duduk dalam waktu lama, gerakan ini bisa membantu redakan ketegangan di bagian tulang belakang. Mulailah dengan posisi duduk yang nyaman, istirahatkan tangan kanan di pegangan tangan pada kursi, tangan kiri di atas lutut kiri. Tarik napas dan regangkan kepala ke arah atas, keluarkan napas dan putar batang tubuh ke arah kanan, dan di setiap tarikan napas, coba sedikit panjangkan tulang belakang.

Seated cow/cat

Duduk di pusat tubuh dan posisikan kaki dengan santai selebar pinggul. Letakkan kedua tangan di lutut, regangkan dan panjangkan seluruh tulang belakang, saat tarik napas, tarik perut ke arah depan, buka dada, arahkan kepala ke atas, saat melepaskan napas tarik tubuh ke arah belakang, dan jauhkan bahu satu sama lain, arahkan pipi ke perut.

Child pose

Coba posisi ini saat punggung terasa tidak nyaman, caranya dengan duduk dalam posisi nyaman, letakkan kaki di lantai dan pastikan tidak menggunakan alas kaki, tekuk lutut dalam dan kaki di kursi di depan panggul, tarik tubuh, letakkan tangan di kaki seperti merangkul, dan arahkan lutut ke bagian dada. Tarik kepala keluar. (tsy)