5 Alasan Wajib Kunjungi Albany Kala Liburan ke Australia

Emu Point, Australia.
Sumber :
  • Instagram @westernaustralia

VIVA – Berlibur ke Australia tak melulu harus ke Perth, masih ada Kota Albany, yang tak kalah indah dan menakjubkan. Ya, kota ini menyediakan banyak pesona yang sayang dilewatkan bila sedang berada di Australia Barat.

Untuk itu, alokasikan waktu yang cukup agar Anda dapat mengunjungi kota yang menakjubkan ini. Dihimpun VIVA dari Buku Panduan Suatu Hari di Australia Barat, Minggu, 14 Juli 2019, berikut lima alasan Anda harus mengunjungi Kota Albany saat berlibur ke Australia Barat.

1. Pantai-pantai terindah

Selain Little Beach dan Waterfall Beach, Albany juga memiliki deretan pantai menawan lainnya, seperti Emu Point yang menawarkan panorama King George Sound dan Middleton Beach. Nanarup Beach yang memiliki lookout point untuk melihat paus yang sedang bermigrasi (mulai Juni-Oktober). Hingga Frenchman Bay, yang menyimpan bangkai kapal HMAS Perth, serta tersedia area piknik dan barbekyu.

2. Suasana kota

Albany merupakan tempat pemukim asal Eropa yang pertama kali menginjakkan kaki di Australia Barat. Sekitar 50 bangunan kolonial hingga kini masih berdiri megah dan difungsikan sebagai museum, galeri dan restoran. Di sini juga disediakan tur berpemandu selama 30 menit melalui Albany's Heritage Walk Trail.

3. Tempat-tempat bersejarah

King George Sound, merupakan tempat pasukan ANZAC meninggalkan Australia untuk menuju medan Perang Dunia I. Anda dapat mengikuti kisah para tentara tersebut di National Anzac Centre, melalui sejumlah artefak maupun display interaktif.

4. Historic Whaling Station

Tempat ini merupakan stasiun perburuan paus terakhir (industri perburuan paus di Albany berakhir pada 1978). Di sini, Anda dapat berdiri di atas dek bekas paus diproses, berfoto di bawah kerangka paus sperma terakhir yang ditangkap di Albany, melihat cara kerja para pemburu paus, dan mengintip tangki tempat minyak paus disimpan.

5. 'Pelabuhan' aman

Bagi para paus bungkuk, paus sikat dan paus biru, Albany adalah tempat yang aman saat bermigrasi menuju Antartika, mereka akan berbondong-bondong ke sini, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat mamalia air ini dari daratan maupun dari atas kapal. Paus-paus ini biasanya melewati perairan Albany sekitar Juni hingga Oktober.