Rumah Nyai Ontosoroh Kini Museum Bumi Manusia, Ini 4 Penampakannya!

Museum Bumi Manusia
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Museum Bumi Manusia resmi dibuka. Sutradara film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo, dan anak penulis Pramoedya Ananta Toer, Astuti, meresmikan museum tersebut, Selasa, 13 Agustus 2019.

Lokasi Museum Bumi Manusia sendiri berada di Studio Alam Gamplong, Kulon Progo, Yogyakarta, yang sebelumnya menjadi lokasi syuting rumah Nyai Ontosoroh. 

"Di lokasi ini kita melakukan syuting hampir sekitar 30 hari, karena ini adalah lokasi utama dan ini kita bangun 1:1 dengan kekuatan yang kokoh sebagaimana bangunan," kata Hanung, dijumpai di museum tersebut.

Pengunjung akan dibagi menjadi 10 orang untuk masuk ke Museum Bumi Manusia. Pembatasan ini agar orang-orang bisa lebih menikmati setiap ruangan dalam museum.

"Kami membatasi sekali orang yang naik ke atas, maksimal 10 orang, yang sudah terisi di lantai satunya, untuk lantai dua belum terisi," katanya lagi.

Penasaran seperti apa Museum Bumi Manusia? Yuk, intip sedikit beberapa ruangan di dalamnya.

1. Kamar Nyai Ontosoroh

Sebelah kiri pintu masuk museum terdapat ruangan yang merupakan kamar dari Nyai Ontosoroh. Tempat tidur kayu antik serta meja rias klasik membuat kamar ini menarik untuk dikunjungi.

2. Ruang Tamu

Tepat di depan kamar, terdapat ruang tamu yang merupakan tempat favorit dari Nyai Ontosoroh. Kursi-kursi kayu yang mengelilingi meja marmer putih berada tepat di tengah-tengah ruangan ini. Terdapat pula gramophone yang memutar musik sehingga menambah kesan klasik pada ruangan ini.

3. Dapur atau Ruang Penyimpanan

Agak masuk ke dalam, di sebelah kiri ruangan merupakan ruang dapur yang juga merupakan ruang penyimpanan, terdapat tempat pembakaran kayu dan meja bulat serta buah-buahan sebagai pelengkap meja itu.

4. Ruang Makan

Tepat di depan dapur, terdapat meja makan kayu kotak yang sudah berlapiskan taplak berwarna merah muda. Lilin-lilin yang ada di atas meja membuat kesan klasik semakin kuat. Foto-foto yang menempel di dinding juga membuat kesan tersendiri dalam ruangan ini.