Melongok Tempat Baru Kios Buku Bekas di Kwitang, Ada Co-Working Space

Wisata Buku di Pasar Kenari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Pasar Kenari di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, memang menjadi pusat penjualan beragam perlengkapan listrik dan elektronik, tapi siapa sangka jika di salah satu sudutnya kamu bisa menemukan tempat yang nyaman dan membuat betah untuk berlama-lama berburu buku bekas. Namanya Wisata Buku.

Spot ini merupakan lokasi kios-kios penjual buku bekas yang sebelumnya banyak berjualan di Kwitang. Tak hanya buku bekas, di Wisata Buku kamu juga bisa menelusuri buku-buku baru di sebuah toko bernama JakBook dengan harga yang sangat terjangkau.

Koleksinya pun lumayan lengkap, mulai dari buku-buku fiksi seperti novel dan komik, hingga nonfiksi seperti buku pelajaran, komputer, dan soal-soal ujian. Selain itu, ada pula peralatan sekolah serta melukis.

Wisata Buku memang belum banyak diketahui, padahal lokasi ini diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 29 April 2019. Selain, terdapat lebih dari 60 kios buku bekas, di sini juga dilengkapi dengan co-working space, panggung mini, hingga PAUD. Yang lebih mengasyikkan lagi, tempat ini sejuk dan aman dari tangan jahil copet. Kamu pun bisa leluasa berburu buku pelajaran, atau sekadar mencari novel favorit.

Baca juga: Keren, Gamelan Indonesia Bakal Dibawa Keliling 6 Kota di Amerika

Karena baru beberapa bulan dibuka, sayangnya tempat ini masih sangat sepi dari pengunjung. Begitu pun dengan kios-kios yang tak sampai setengahnya terisi. Hal ini tentu berpengaruh pada para pedagang di sana.

Yanto, salah satu penjual buku, mengungkapkan sepinya pengunjung di Wisata Buku.

"Mungkin karena belum banyak yang tahu," kata Yanto kepada VIVA.co.id saat ditemui di kiosnya di Pasar Kenari, Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

Meski begitu, pria yang sudah berjualan selama 20 tahun lebih itu mengakui berjualan di sana jauh lebih nyaman dari tempat sebelumnya. Apalagi biaya menyewa kiosnya tak mahal.

Memang disayangkan, tempat seperti ini tak banyak diketahui orang. Padahal, fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari tempat membaca, minimarket, hingga coffee shop. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau dan hanya beberapa meter saja dari Halte Transjakarta UI Salemba.