Ada Hotel Berbintang di Bandara Soeta, Ini Fasilitasnya

Hotel di Bandara Soeta
Sumber :
  • Angkasa Pura II

VIVA – Guna melengkapi fasilitas dan pelayanan kepada penumpang pesawat, PT Angkasa Pura II saat ini tengah membangun dua hotel di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lokasi pembangunan hotel tepatnya di Terminal 3 Internasional dan Terminal 3 Domestik

Hotel yang dibangun pertama kali adalah yang terletak di Terminal 3 Internasional, sementara itu untuk hotel di Terminal 3 Domestik pada Mei 2019 sudah dilakukan penandatanganan perjanjian pengadaan jasa kontruksi antara AP II dan Wika Bangunan Gedung. 

“Hotel di Terminal 3 Internasional ini merupakan upaya Angkasa Pura II untuk meningkatkan daya saing Soekarno-Hatta dan meningkatkan pendapatan dari bisnis anorganik, selain tentunya juga agar fasilitas dan layanan semakin lengkap,” SVP of Corporate Secretary & Legal PT AP II  Deni Krisnowibowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 4 September 2019.

Adapun progres proyek hotel di Terminal 3 Internasional saat ini telah mencapai sekitar 70 persen dan diharapkan tuntas seluruhnya pada akhir 2019.  Hotel di Terminal 3 Internasional sendiri disiapkan berada di kelas Bintang 4, terdiri dari 147 kamar dan dilengkapi meeting room, restoran, spa dan gym. 

Dibangun di atas lahan 4.500 meter persergi, hotel tersebut memiliki tiga lantai dengan total luas gedung mencapai sekitar 18.000 meter persegi. 

Tipe kamar direncanakan terdiri dari beberapa jenis, yakni: Standard King (83 kamar), Standard Twin (55 kamar), Junior Suite (4 kamar), Executive Suite (3 kamar), Deluxe Suite (1 kamar), Difable room (1 kamar). 

Menurut Deni pada akhir September 2019 sebanyak 50 unit kamar akan selesai dibangun. Dan, dilanjutkan pembangunan sebanyak 97 unit kamar dan restoran serta area lobby akan selesai pada Oktober 2019, lalu dilanjutkan tuntasnya pembangunan dapur pada 31 Desember 2019. 

Sementara itu, EGM of Commercial Service Division PT AP II Dorma Manalu mengatakan potensi pasar untuk hotel berkelas Bintang 4 di Soekarno-Hatta sangat terbuka luas menyusul jumlah penumpang pesawat yang mencapai sekitar 200.000 orang setiap hari di bandara tersebut.  

“Angkasa Pura II ingin mengambil ceruk di bisnis hotel Bintang 4 ini, apalagi pilihan hotel Bintang 4 sangat terbatas di sekitar bandara. Persiapan saat ini tengah dilakukan dan sejauh ini berjalan dengan lancar,” tutur Dorma.

Hotel di Terminal 3 Internasional ini kemungkinan akan dibuka secara bertahap atau tidak menunggu hingga seluruh area tuntas dibangun. Keputusan kapan pastinya pembukaan hotel ini akan diinformasikan dalam waktu dekat. 

Dapat penghargaan

Adapun saat ini Angkasa Pura II juga sudah membuka hotel kapsul di Terminal 3 Domestik, di mana hotel tersebut sudah mendapat pengakuan dari industri perjalanan global dengan meraih poin 8.6 pada Guest Review Award 2018 dari Booking.com.

Hotel yang dibuka AP II di Bandara Internasional Kualanamu dengan merek Horison Sky juga berhasil meraih poin 9.1 pada Guest Review Award 2018. 

“Penghargaan yang berhasil diraih ini hotel-hotel di bandara Angkasa Pura II menandakan kami sangat berkomitmen mengembangkan bisnis anorganik untuk mengakselerasi pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan,” jelas Dorma Manalu. 

Pada 2019 Angkasa Pura II menargetkan pendapatan anorganik sekitar Rp500 miliar dari total estimasi Rp11,4 triliun revenue korporasi. Bisnis anorganik ini diantara lain adalah bisnis perhotelan, serta bisnis digital. AP II juga berencana menambah portofolio bisnis baru seperti bisnis travel dan juga ground handling.