Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 13 September 2019 | 09:00 WIB

Bakal Kuliah di Bandung? Ketahui Dulu 5 Jurus Suksesnya

Team VIVA »
Dwi ereline Amelia
Foto :
Ilustrasi kuliah.

VIVA – Menyandang gelar mahasiswa merupakan impian bagi para lulusan SMA. Dunia kampus seakan menjadi dunia baru yang sangat menarik untuk di eksplorasi. Sayangnya, ketika memasuki langkah awal dari perjuangan panjang selama kuliah ini, tak banyak yang tahu bagaimana harus memulai beradaptasi dan membangun sifat mandiri.

Utamanya, untuk mahasiswa baru yang mesti pindah kota. Awalnya tinggal di Jakarta sejak kecil sampai tingkat SMA, setelah itu memilih kuliah di Bandung. Wajar saja, di Kota Kembang terdapat sejumlah kampus unggulan yang tentunya baik untuk menimba ilmu. 

Baca Juga

Nah, agar tidak salah langkah, berikut beberapa tips mudah yang bisa mempermudah kamu beradaptasi di kampus baru:

1. Kenali lingkungan kampus  dan perluas pergaulan 

Terpopuler

Mumpung masih di masa awal kuliah, kegiatan perkuliahan belum begitu padat. Di waktu-waktu luang ini, kamu bisa manfaatkan untuk mengenal lingkungan kampusmu lebih jauh. 

Misalnya, mengingat tempat-tempat nongkrong, tempat print dan fotokopi, dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut nantinya akan sangat membantu kamu untuk kebutuhan selama di kampus. 

Memasuki lingkungan baru juga berarti kesempatan emas bertemu orang-orang baru. Dalam dunia perkuliahan ini nantinya kamu akan bertemu dengan berbagai macam tipe orang dengan sifat dan perilaku yang berbeda-beda. 

Agar masa kuliahmu makin nyaman dan seru, cobalah untuk terbuka agar kamu bisa memperbanyak teman. Sebaiknya bertemanlah juga dengan kakak senior atau mahasiswa beda jurusan, agar pergaulan dan koneksimu lebih luas. Namun ingat, kamu tetap harus pandai-pandai memilih teman agar tidak terbawa arus buruk yang merugikan nantinya.

2. Rajin masuk kelas dan mulai cari mentor

Perlu kamu tahu bahwa sistem belajar di kampus itu berbeda dengan SMA. Di perkuliahan, kamu akan bebas memilih gaya belajarmu tanpa pengawasan ketat orang tua. Agar tetap disiplin, selalu rencanakan semua kegiatanmu, selalu cek jadwal kuliah sehari sebelumnya, hindari membolos, dan hindari sikap malas-malasan. 

Bila perlu, temukan seseorang yang bisa kamu anggap sebagai mentor. Biasanya sosok ini akan sangat inspiratif dan penuh pengalaman sehingga bisa memberikan arahan dan saran. Kamu bisa menemukannya di antara senior, dosen, pejabat, kenalan di organisasi, atau teman seangkatan sekalipun. Dengan memiliki mentor yang tepat, tentunya kamu tidak akan tersesat saat mengejar kesuksesan di dunia perkuliahan ini. 

3. Eksplorasi bakat dan minatmu lewat UKM dan ikut organisasi

Tahun pertama kuliah merupakan momentum tepat untuk mengeksplorasi minat dan bakatmu. Jika di SMA dulu ada ekstrakurikuler tertentu, maka di kampus kamu bisa lanjutkan minatmu dengan ikutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). 

Dalam wadah ini, kamu bisa mendapatkan ilmu tambahan yang belum tentu kamu dapat di kelas mata kuliah. Selain bisa menyalurkan minat dan bakatmu, UKM juga bisa menjadi wadah kamu untuk memperluas pertemanan karena ruang lingkupnya yang mencakup 1 universitas.

Selain ikut UKM, sibukkan juga dirimu dengan mengikuti organisasi-organisasi di dalam maupun luar kampus. Tujuannya agar kamu bisa mengasah jiwa kepemimpinan kamu sekaligus belajar untuk mengorganisir suatu kegiatan. 

Dengan bergabung ke banyak kegiatan, kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Tetapi, ingatlah untuk tetap bisa membagi waktu sehingga prestasi akademis kamu tetap menjadi prioritas. 

4. Mulai belajar mengatur keuangan

Menyandang status mahasiswa, membuat kamu dianggap telah dewasa dan bertanggung jawab atas kehidupanmu. Karena belum bisa menghasilkan uang sendiri, biasanya orang tua akan memberikan uang saku secara rutin setiap bulannya. Uang bulanan tersebut nantinya akan menjadi biaya hidup kamu selama sebulan penuh. 

Biar tidak sampai meminta uang tambahan, maka kamu harus cermat dalam menggunakan uang bulanannya. Di sinilah kamu diharuskan untuk belajar mengatur keuangan sendiri. Segala pengeluaran harus diperhitungkan, mulai dari biaya makan dan jajan, uang untuk bayar kost dan transportasi, hingga berapa persen uang yang bisa kamu tabung. 

5. Jangan ragu untuk tampil mandiri

Jika saat SMA kamu lebih sering melakukan banyak aktivitas secara berkelompok, maka saat menjadi mahasiswa, kamu akan dituntut untuk menjadi lebih mandiri, pasalnya semua aktivitas akan lebih banyak dilakukan sendirian. Tak perlu malu jika kamu harus menikmati makan siang atau pergi ke perpustakaan sendirian. Sebaliknya, terlalu sibuk dengan geng barumu, akan membuatmu sulit berkembang di kampus.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantumu untuk lebih siap lagi menyambut status barumu sebagai mahasiswa baru, ya! Perlu kamu ingat bahwa menjadi mandiri bukan berarti jauh dari keluarga. Jika sudah rindu ingin bertemu orang-orang tercinta, sebaiknya jangan dipendam, karena nantinya akan mengganggu kelancaran perkuliahan kamu. 

Agar kamu tidak didera homesick karena terpisah kota dengan keluarga tercinta, kamu bisa memilih travel Daytrans yang bisa dipesan langsung lewat Traveloka sebagai sarana transportasi untuk pergi pulang. Tunggu apa lagi, segara pesan tiket travel Daytrans via Traveloka sekarang agar rindumu tidak semakin berat!  

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Laura Basuki, Dion Wiyoko Ungkap Fakta Heroik Susi Susanti
SHOWBIZ - 12 jam lalu