Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 15 September 2019 | 14:27 WIB

Yuk ! Kunjungi Hutan Mangrove di Desa Dabong Kubu Raya

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Ngadri (Kalimantan Barat)
Foto :
  • VIVA/ Ngadri/ Kalimanta Barat
Hutan Mangrove Desa Dabong

VIVA – Beteng Batang adalah obyek  wisata alam yang terletak di Desa Dabong, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Wisata mangrove ini salah satu destinasi yang  menyuguhkan panorama alam yang indah dan alami.

Di wisata mangrove ini para wisatawan juga dapat memanfaatkan sampan-sampan motor warga jika ingin masuk mengitari hutan-hutan mangrove Kubu Raya yang tentu saja masyarakat di sekitar lebih mengetahui dan memahami seluk beluk keberadaan hutan mangrove yang asri.

Baca Juga

Kehadiran mangrove tersebut mampu menjaga puluhan ribu habitat laut yang diam di akar-akar mangrove, serta hutan mangrove Kubu Raya memiliki keindahan yang membentang di pinggir alur sungai Desa Dabung.

Terpopuler

Apabila ingin mengunjungi wisata mangrove Beteng Batang di Desa Dabong, bisa ditempuh menggunakan speed boat sekitar dua jam. Dan sepanjang perjalanan akan disuguhi panorama sungai Kapuas yang ditumbuhi pohon Nipah dan pohon bakau.

Wisata mangrove Beteng Batang juga terdapat pantai pasir putih yang memanjang, air laut di pantai ini juga sangat jernih dan bersih, sehingga sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang atau menyelam.

Ombak di pantai ini relatif besar dan menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai arena berselancar dan area memancing. Di pantai ini sangat indah jika melihat detik-detik terbenamnya matahari di balik pulau-pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai ini.

Mantan Kades Desa Dabong Purwanto pun mengakui, wisata mangrove Beteng Batang memiliki panorama alam yang indah dan menarik. Selain terdapat hutan mangrove wisata ini juga terdapat pantai yang indah dan menakjubkan.

"Apabila musim air kering sedang surut, air laut jernih sehingga bagi wisatawan yang hobi menyelam sangat cocok. Pasir putih juga terlihat panjang membentang sehingga wisatawan yang berkunjung bisa bermain selancar,” ujar Purwanto kepada VIVA pada Sabtu, 14 September 2019.

Belum lama ini, pak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan juga sudah mengunjungi wisata mangrove Beteng Batang ini dan ia menyampaikan akan menjadikan Desa Dabong sebagai daerah pariwisata mangrove.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Cuaca Buruk, Sejumlah Tempat Wisata di Daerah Ditutup
TVONE NEWS - 10 bulan lalu