Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 20 September 2019 | 09:00 WIB

Tips dan Trik, Cara Cek dan Bayar BPJS Kesehatan via Online

Team VIVA »
Nadia Luthfiani
Foto :
  • Traveloka
Bayar BPJS Kesehatan di Traveloka.

Sehat itu mahal”, mungkin Anda pernah mendengar kata-kata itu. Namun, sayangnya, banyak yang sering acuh tak acuh hingga kerap menjadi bumerang tersendiri bagi mereka yang tidak menyadari pentingnya kesehatan. Meski tak bisa dimungkiri bahwa terkadang kondisi tubuh pun bisa melemah, sehingga tubuh kita tak kuasa membendung penyakit.

Nah, dalam keadaan seperti ini, mau tak mau kita harus melakukan pengobatan. BPJS Kesehatan tentu bisa menjadi penyelamat untuk mengatasi mahalnya biaya berobat saat ini. Namun, meski bersifat wajib bagi semua warga Indonesia, program pemerintah ini tidak gratis bagi kebanyakan orang karena ada iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Baca Juga

Nilai Iuran BPJS Kesehatan

Nilai iuran BPJS Kesehatan tergantung pada kelas perawatan yang Anda pilih, yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Untuk biaya iuran kelas 1 sebesar Rp80.000, kelas 2 sebesar Rp51.000, dan kelas 3 sebesar Rp25.500. BPJS Kesehatan akan menanggung segala biaya perawatan inap peserta BPJS dengan fasilitas kamar sesuai kelas di rumah sakit rujukannya.

Terpopuler

Saat ini, Traveloka menghadirkan fitur layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Layanan ini diciptakan khusus untuk memudahkan para pengguna Traveloka dalam melakukan transaksi online pada satu situs web atau aplikasi. Dengan adanya layanan ini, peserta BPJS Kesehatan tidak perlu lagi khawatir kerepotan membayar tagihan BPJS Kesehatan.

Berikut tips dan trik cara cek dan bayar BPJS Kesehatan di Traveloka.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Traveloka

Untuk cek tagihan BPJS Kesehatan Anda, kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App versi terbaru. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Traveloka Anda, lalu pilih menu “Bayar Tagihan” dan klik “BPJS Kesehatan”. Masukkan nomor VA dan jumlah bulan yang ingin Anda cek, kemudian menu pop-up akan muncul menampilkan jumlah tagihan Anda.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan di Traveloka

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan langsung secara online di Traveloka. Caranya hampir sama dengan cara di atas, yaitu dengan mengunjungi situs web Traveloka versi desktop atau aplikasi versi mobile. Lalu, pilih menu “Tagihan & Isi Ulang” dan klik “BPJS Kesehatan”.

Isi data pada kotak yang tersedia berupa nomor VA dan jumlah bulan yang ingin dibayarkan. Anda bisa membayar hingga total lima bulan ke depan. Kemudian, klik tombol “Beli Sekarang”. Perlu dicatat, dalam jumlah pembayaran, akan ada biaya admin sebesar Rp1.500 untuk satu kali transaksi.

Menu pop-up akan muncul dan menunjukkan rincian tagihan apabila nomor VA sudah benar dan tagihan tersedia. Periksa kembali detail informasi yang tertera, seperti nama dan jumlah tagihan, lalu klik “Lanjutkan”. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan: UANGKU, transfer, kartu kredit, ATM, BCA KlikPay, dan Alfamart dan lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan.

Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan di Traveloka

Dengan membayar BPJS Kesehatan di Traveloka, kini Anda hanya memerlukan gadget dan koneksi internet. Anda pun bisa membayar di mana saja dan kapan saja. Pilihan metode pembayarannya juga beragam, mulai dari sistem konvensional dengan membayar di mini market sampai dengan sistem canggih menggunakan e-wallet, seperti UANGKU.

Bagi Anda yang memilih menggunakan kartu kredit, jangan khawatir karena Traveloka menjamin kerahasiaan dan keamanan data Anda. Selain itu, jika Anda mengalami kesulitan dalam bertransaksi, Anda dapat menghubungi customer service Traveloka melalui live chatcall center hingga yang terbaru yakni IVAN (intelligent virtual assistant) yang siap membantu Anda 24 jam.

Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkan potongan biaya tagihan sampai dengan Rp50 ribu dengan menggunakan metode bayar UANGKU. Wah, di mana lagi Anda bisa mendapatkan potongan saat membayar tagihan? Traveloka dulu, bayar tagihan kemudian. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
'Debt Collector' Siap Tagih Tunggakan BPJS ke Warga
TVONE NEWS - 9 hari lalu