5 Karisma Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Baru

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju, Rabu, 23 Oktober 2019, di depan istana Kepresiden Jakarta. Terdapat beberapa nama lama yang masih dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai menteri pada kepemimpinannya untuk periode kedua. Namun ada juga nama-nama baru.

Salah satunya adalah Wishnutama yang terpilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Arief Yahya. Sebelum didapuk menjadi Menteri Pariwisata, Wishnutama sendiri dikenal masyarakat sebagai salah satu pendiri stasiun televisi kenamaan NET TV. 

Perjalanan karier Wishnutama dimulai dari tahun 1994. Kala itu Wishnutama bekerja di stasiun televisi swasta Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun kemudian Wishnutama pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant. 

Kariernya berkembang menjadi Executive Producer News and Production Division, dan tak berapa lama kemudian meningkat menjadi Production Manager. Tahun 2001, ia pindah ke Trans TV menjadi Kepala Divisi Produksi. Dua tahun kemudian, kariernya menanjak menjadi Direktur Operasional, dan setahun berikutnya menjadi Wakil Direktur Utama/Managing Director.

Dua tahun kemudian, Wishnutama ditunjuk menjadi Direktur Utama Trans TV. Sebelum akhirnya Wishnutama mendirikan NET TV pada tahun 2013 lalu. 

Lalu seperti apa sosok dari Wishnutama? Berikut ini beberapa potret Wishnutama seperti dilansir dari akun instagram pribadinya @wishnutama.

Pernah menjadi bagian dari perhelatan Asian Games

Wishnutama juga kreator yang mendesain kemunculan Jokowi pada Pembukaan ASIAN Games 2018 lalu. Wishnutama membuat bagaimana  Presiden Joko Widodo alias Jokowi "terbang" menggunakan motor gede (moge) dalam video yang ditayangkan di opening ceremony Asian Games 2018. 

Kala itu Presiden Jokowi terjebak kemacetan saat akan menuju lokasi pembukaan Asian Games. Presiden kemudian keluar dari mobilnya dan menggunakan moge untuk sampai ke GBK. Belum lagi panggung megah dan konsep acara yang membuat masyarakat berdecak kagum. Bukan hanya itu Wishnutama juga mendapatkan apresiasi Presiden Jokowi. 

Senang fotografi

Wishnutama diketahui juga gemar dengan fotografi. Dirinya sering mengabadikan berbagai momen ketika tengah berada di berbagai tempat. Bukan hanya itu saja, sang istri Gista juga sering menjadi objek fotografinya. 

Berkarisma

Meski sudah memasuki usia 49 tahun perlu diakui bahwa karisma Wishnutama tidak pernah luntur. Dirinya selalu tampil berkarisma dalam berbagai kesempatan, mulai dari memimpin rapat, hingga saat traveling bersama istri. 

Kehidupan pribadi

Wishnutama diketahui telah menikah 3 kali. Istrinya yang pertama adalah Wina Widodo. Dari pernikahan pertamanya, Wishnutama dikarunia dua orang anak, yakni Muhamad Sabian Tama dan Sakina Adjani Tama. 

Bercerai dengan Wina Widodo, Tama kemudian menikah dengan Wina Natalia. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai dua anak yakni Salvaditya Tama dan Sultan Saladyne Tama. Wishnutama dan Wina Natalia juga bercerai.

Kemudian Wishnutama menikah dengan Gista Putri pada tahun 2015. Gista yang berprofesi sebagai aktris turut membintangi salah satu acara NET TV. Saat ini diketahui bahwa Gista Putri tengah mengandung tujuh bulan. 

Ajarkan anak mandiri

Wishnutama pernah mengunggah sebuah video pada tahun 2018 lalu di akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, dia membagikan potret sang buah hati, Muhammad Sabian Tama yang tengah bekerja di salah satu restoran Jepang.

Dia menjelaskan bahwa jika putranya bekerja untuk menambah uang saku. Ia juga mengungkapkan jika sang anak harus bekerja dari bawah agar dapat menghargai siapa pun dengan tulus.