Liburan Hemat Saat Akhir Tahun, Begini Lho Triknya

Liburan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Akhir tahun biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk mengatur berbagai kegiatan, termasuk jadwal liburan. Sebab, akhir tahun dianggap waktu tepat untuk berlibur dan menghilangkan penat dari rutinitas harian. Sehingga siap menghadapi tahun depan dengan lebih baik.

Liburan akhir tentu sudah pasti memerlukan persiapan matang. Apalagi, jika lokasi yang dituju ada di luar negeri. Padahal, saat ini liburan ke luar negeri bukanlah kegiatan yang mahal seperti dibayangkan banyak orang. 

Melakukan perjalanan ke luar negeri bisa menjadi murah dan menyenangkan, jika dipersiapkan dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini tips agar biaya liburan Anda tidak membengkak, seperti dilansir dari Thetravelhack, Rabu 13 November 2019.

Pesan semuanya sejak jauh-jauh hari
Memesan hotel, alat transportasi, atau paket tur dari jauh hari untuk mendapat penawaran terbaik, serta menghindari harga yang mengecewakan. Sebab, ketika musim libur akhir tahun tiba, harga tiket penerbangan dan biaya akomodasi bisa naik dua kali lipat dibanding hari biasa.

Kalau Kamu bisa berkendara sendiri, maka bisa menghemat pengeluaran. Sebab, hanya perlu  membayar tiket masuk destinasi tertentu, biaya tol, dan bensin saja. Selain itu, kamu juga bisa membawa banyak barang, tanpa pusing memikirkan biaya tambahan bagasi.

Melakukan perbandingan harga di beberapa situs website saat memesan akomodasi
Besarnya biaya akomodasi yang dikeluarkan bisa bervariasi, tergantung pada musim, waktu berkunjung dan waktu pemesanananya. Biasanya, saat musim liburan sekolah dan akhir tahun harganya akan meningkat.

Untuk mendapat harga terbaik, lakukan perbandingan harga melalui beberapa website pemesanan. Disarankan juga, untuk memeriksa situs resmi hotel yang ingin kamu tuju, karena mungkin harganya lebih murah.

Menginap dengan warga lokal
Menginap di hotel saat berlibur memang nyaman, namun akan menghabiskan uang lebih besar. Agar lebih hemat, kamu bisa mencoba pilihan tempat menginap lain seperti di guest house, losmen atau menggunakan aplikasi digital.

Salah satu yang bisa dicoba adalah VRBO (vacation rental by owners). VRBO adalah situs yang mirip dengan Airbnb, kamu bisa tinggal bersama tuan rumah, atau menyewa seluruh apartemen untuk menginap bersama keluarga. Pilihan lain, OneFineStay yang menawarkan seluruh rumah tetapi dengan rekomendasi dari warga lokal.

Pre book ticket acara lebih awal
Cara ini bisa menghemat waktu, karena kamu tidak perlu antre saat menghadiri sebuah pertunjukan. Selain itu, juga dapat menghemat uang karena biasanya harga pemesanan lebih murah dibandingkan saat acara berlangsung.

Mengunjungi destinasi yang kurang terkenal
Alih-alih mengunjungi tempat yang sama seperti orang lain, mengapa tidak menjelajahi lokasi baru, atau bahkan belum banyak dikenal. Caranya, tanyakan kepada penduduk setempat lokasi seperti pantai, restoran, dan bar favorit. Sebab, lokasi favorit warga lokal biasanya lebih sepi daripada yang sering dikunjungi wisatawan.