Masjid Agung Al Azhar Menggelar Salat Idul Adha Pagi Ini

Ilustrasi warga salat idul adha di Masjid Al Azhar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, akan menggelar salat Idul Adha 1439 Hijriah pada hari ini, Selasa, 21 Agustus 2018.

Salat akan digelar di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, dimulai pukul 06.30 WIB. Bertindak selaku khatib salat Idul Adha KH Mahfudh Makmun dan Imam Agus Nur Qowim.

Idul Adha digelar hari ini merujuk pada pelaksanaan puncak ibadah haji atau wukuf di Arafah dilaksanakan pada Senin, 20 Agustus 2018 atau 9 Dzulhijah 1439 Hjiriah. Dengan demikian, Idul Adha pada 10 Dzulhijah jatuh pada hari ini, Selasa 21 Agustus 2018.

Sementara di Indonesia, Idul Adha 10 Dzulhijah ditetapkan pada Rabu, 22 Agustus 2018. Berbeda satu hari dengan Arab Saudi. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat Kementerian Agama yang menetapkan awal Dzulhijah 1439 Hijriah jatuh pada Senin, 13 Agustus 2018.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI KH Abdullah Zaidi mengatakan perbedaan penentuan hari raya Islam merupakan hal biasa, sehingga tak perlu dipersoalkan. Perbedaan itu terletak pada posisi hilal, di mana penentuan awal Dzulhijah ketinggian hilal di Arab Saudi berada di atas 3 derajat sehingga bisa terlihat jelas.

Sedangkan posisi hilal di Indonesia, berdasarkan laporan 29 pelaku rukyah di berbagai titik, tidak satupun yang menyaksikan hilal. Atau dengan kata lain, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia masih di bawah ufuk.

Merujuk pada fatwa MUI, apabila tidak ada satu pun yang menyaksikan hilal, maka bulan Dzulqodah 1439 Hijriah disempurnakan menjadi 30 hari. Dan, tanggal 1 Dzulhijah ditetapkan jatuh pada Senin, 13 Agustus 2018.