Masjid Aisyah di Taniem, Tempat Miqot Terdekat di Mekah

Batas mengambil miqot di Masjid Aisyah Taniem
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Ada beberapa tempat mengambil miqot umrah bagi orang yang bermukim di Mekah untuk berniat ihram. Salah satu tampat yang paling dekat dengan Masjidil Haram adalah Masjid Aisyah di Tan'iem, perbatasan dengan Tanah Haram. 

Lokasinya berada sekitar 7,5 km dari Masjidil Haram, di perbatasan utara Tanah Haram arah Kota Madinah. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya mudah dijangkau, transportasi pun lebih mudah. 

Bagi penduduk Mekah, maupun orang yang bermukim atau tinggal sementara di Mekah, bisa menjadikan Masjid Aisyah sebagai pilihan untuk mengambil miqot umrah. Termasuk jemaah haji Indonesia yang ingin umrah sunah.

Meskipun namanya Masjid Aisyah, bukan berarti ada makam atau peninggalan istri Baginda Nabi Muhammad SAW di tempat ini. Sebab, semua istri Nabi dan keluarganya dimakamkan di Madinah, kecuali istri Beliau, Siti Khadijah yang dimakamkan di pemakaman Ma'la di Mekah.

Nama Aisyah yang dijadikan nama masjid ini bermula dari peristiwa haji wada' pada tahun 9 hijriyah. Istri Rasulullah SAW yaitu Siti Aisyah tidak bisa melaksanakan umrah bersama-sama karena sedang berhalangan udzur (haid). 

Lalu Rasulullah memerintahkan Abdurrahman bin Abu Bakar (saudara laki-laki Siti Aisyah) untuk mengantarkannya ke Tan'iem untuk brniat umrah setelah mengerjakan haji pada bulan Dzulhijjah.

Nama daerah yang dijadikan tempat Siti Aisyah memulai umrah, kemudian dijadikan masjid dan tempat melaksanakan miqot untuk umrah. 

Para jemaah yang hendak umrah sekiranya mengambil miqot di Masjid Aisyah. Parkirannya cukup luas bisa menampung puluhan bus serta dilengkapi banyak toilet dan tempat wudhu. Di tempat itu pula terdapat tugu bertuliskan batas Tanah Haram.

Di tempat ini lah, penduduk Mekah maupun mukimin berniat ihram dan sejak itu mulai berlaku larangan ihram. 

Foto: Batas miqot di masjid Aisyah