Masih Ditemukan Air Zamzam di Koper Jemaah Haji RI

Petugas menyita beragam kemasan air Zamzam di dalam koper jemaah haji
Sumber :
  • VIVA/Eko Priliawito

VIVA – Hari ini, Senin, 27 Agustus 2018, jemaah haji Indonesia mulai pulang ke Tanah Air.  Namun kepulangan mereka ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah tentu melalui proses yang ketat.

Tidak sedikit koper jemaah haji yang dibongkar. Sehingga barang-barang bawaan mereka tercecer dan menjadi perhatian banyak orang.

Yang paling menyita perhatian petugas saat pembongkaran koper adalah masih ditemukannya air zamzam. Hebatnya, jemaah mengemas rapi air zamzam tersebut dalam botol yang dibungkus selotip.

Pihak Daker Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah mengirim imbauan untuk disampaikan ke jemaah haji Indonesia selama di hotel.

"Jemaah sudah diingatkan untuk tak membawa bawaan tambahan sebelumnya, tapi ternyata masih banyak yang tak mematuhi," ujar Ubaidillah, pelaksana Seksi Perlindungan Jemaah Daker Bandara PPIH Arab Saudi.

Sebelumnya, jemaah hanya boleh membawa barang bawaan dalam koper yang akan masuk bagasi pesawat seberat 32 kilogram.

Air zamzam yang masuk ke koper jemaah dinilai akan membahayakan penerbangan. Jika terjadi kebocoran di bagasi, air bisa membuat korsleting sistem kelistrikan pesawat terbang. (ase)