Siap-siap Jemput, 3 Kloter Haji Tiba di Surabaya Selasa Dini Hari

Jemaah haji RI
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Para keluarga jemaah haji asal Jawa Timur bersiap-siaplah menyambut kepulangan jemaah oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Debarkasi Surabaya. Tiga kelompok terbang atau kloter dijadwalkan tiba di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa besok, 28 Agustus 2018. 

"Insya Allah, sesuai jadwal kelompok terbang pertama akan landing di bandara (Internasional Juanda Surabaya) pada hari Selasa besok, sekitar pukul satu dini hari," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Jamal, dalam keterangan tertulis diterima VIVA pada Senin, 27 Agustus 2018. 

Tiga kloter yang akan tiba di hari pertama pemulangan itu ialah Kloter 1, 2 dan 3. Mereka berasal dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Untuk kloter pertama, setiba di Bandara Juanda mereka kemudian dibawa ke Asrama Haji Surabaya dan masuk sekira pukul 03.00 WIB.

"Jemaah haji kita terima dahulu di asrama haji untuk proses pengecekan dokumen, scanner suhu tubuh, lalu kita berikan air zamzam lima liter. Begitu pula dengan kloter 2 dan 3 yang akan datang menyusul beberapa jam kemudian," ungkapnya.

Kepada pihak keluarga, PPIH mengizinkan melakukan penjemputan di Asrama Haji Surabaya.

"Bagi jemaah non KBiH, penjemputan bisa dilakukan masing-masing mobil penjemput di tempat parkir yang di luar. Kalau menjemput massal, disarankan membawa kendaraan massal seperti bus," kata Jamal.