Kemenag Telusuri Foto Viral Air Zamzam Berstiker #2019GantiPresiden

Jamaah Haji Meminum Air Zamzam
Sumber :
  • Reuters/Ahmed Jadallah

VIVA – Beredar foto air zamzam berlabel #2019GantiPresiden  di grup-grup jejaring WhatsApp para petugas haji dan jemaah. Foto itu pun sempat viral di media sosial.

Kepala Pusat Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama, Mastuki kepada petugas haji dari MCH mengaku akan mengumpulkan informasi soal beredarnya serta viral foto tersebut.

"Kami mendapatkan info yang sama. Kami sedang mengumpulkan informasi  dari berbagai pihak," ujar Mastuki, Kamis 30 Agustus 2018.

Mastuki menyebut jemaah diimbau tetap tenang akan mendapat air zamzam dan tak perlu membungkus di dalam koper.

"Karena, sesuai kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Saudi (Ta'limatul Hajj), setiap jemaah haji mendapatkan jatah 5 liter zamzam dan diberikan saat di Bandara kedatangan,"ujar Mastuki.

Mastuki menekankan jemaah reguler yang berada dalam pelayanan pemerintah Indonesia akan terus dipantau sampai setibanya di Tanah Air. Kemudian, seluruh jemaah haji reguler yang menjadi tanggung jawab Pemerintah (Kemenag) berangkat dan pulang dari bandara haji.

"Petugas haji (PPIH) ada di seluruh bandara keberangkatan dan kedatangan. Jadi dapat dipastikan jika ada gelagat yang mencurigakan akan terdeteksi oleh petugas kami," ungkapnya. 

"Maka kami sampaikan, sejauh ini jemaah haji reguler yang kami tangani tidak ada yang melakukan perbuatan seperti gambar yang viral tersebut," tambahnya