Pembekalan Ditutup, Petugas Haji Diminta Tak Cederai Komitmen

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Muhammad Nur Kholis Setiawan, menutup pembekalan terintegrasi petugas haji Arab Saudi tahun 2019, Kamis, 2 Mei 2019.
Sumber :
  • Dedy Priatmojo/ MCH 2019

VIVA – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Muhammad Nur Kholis Setiawan, menutup pembekalan terintegrasi petugas haji Arab Saudi tahun 2019, Kamis, 2 Mei 2019. Sebelumnya, sebanyak 1.108 petugas haji Arab Saudi telah mengikuti pembekalan selama 10 hari, 23 April-2 Mei 2019 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Selama sepuluh hari, mereka telah mendapatkan pembekalan, pelatihan, dan penguatan karakter petugas dalam melayani jemaah haji tahun 2019, dari para fasilitator praktisi haji dan kesehatan.

Dalam sambutannya, Nur Kholis berpesan kepada para petugas haji agar selalu menjaga komitmen dan ikrar yang sudah diucapkan sebagai petugas. Tidak mementingkan egonya dan tidak mencederai komitmennya.

"Mari semua kita niati betul ini sebagai ibadah," kata Nur Kholis di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.

Nur Kholis mengingatkan petugas haji, terutama bagi yang baru pertama kali dan belum berhaji, agar tidak mementingkan egonya untuk beribadah sehingga melalaikan tugasnya untuk melayani jemaah haji.

"Karena itu saya minta saling mengingatkan, karena mungkin ada yang masih terganggu niatnya dengan yang lain, tolong diingatkan," katanya.

Ditambahkan Nur Kholis, menjadi petugas haji merupakan sebuah kehormatan, seluruh prosesnya dilaksanakan sesuai mekanisme yang baik untuk menjadi pelayan tamu Allah. Karenanya, ia berharap misi haji 2019 bisa sukses karena kontribusi petugas haji.

"Dengan ini, pembekalan terintegrasi petugas haji pada Kamis, 2 Mei 2019, resmi saya nyatakan ditutup," ujarnya.