35.270 Calon Jemaah Haji dari Jawa Timur Siap Berangkat

Ilustrasi calon jemaah haji
Sumber :
  • VIVA / Sherly (Tangerang)

VIVA – Sebanyak 35.270 kursi kuota haji Provinsi Jawa Timur sudah terisi. Semua calon haji yang dijadwalkan terbang ke Kota Suci tahun ini siap berangkat karena sudah melunasi biaya penyelenggaraan Ibadah Haji-nya hingga batas akhir pelunasan gelombang kedua pada 10 Mei 2019 lalu.

"(Kursi kuota haji untuk Provinsi Jawa Timur) sudah selesai (terisi semua). Jemaah tinggal manasik haji," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Markus, saat dihubungi VIVA

Untuk selanjutnya, lanjut Markus, Kemenag menjadwalkan pelantikan terhadap Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Embarkasi Surabaya. Embarkasi Surabaya melayani pemberangkatan calon haji asal tiga provinsi, yakni Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

"Pelantikan PPIH tanggal 18 (Juni)," ujarnya.

Sebelumnya, Markus menjelaskan bahwa total kuota calon haji asal Jatim sebanyak 35.270 orang. Rinciannya, 35.034 kursi untuk calon haji dan 236 untuk Tim Pemandu Haji Daerah. Jumlah itu di luar jemaah asal Bali dan NTT yang sama-sama diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya. 

Mengacu pada penyelenggaraan ibadah haji tahun sebelumnya, total calon haji yang diterbangkan dari Embarkasi Surabaya sebanyak 36 ribuan orang. Tahun 2018 lalu, jemaah terbagi 83 kelompok terbang dan diterbangkan ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sedati, Kabupaten Sidoarjo.