Embarkasi Haji Padang Berangkatkan 7.042 Jemaah dalam 18 Kloter

Petugas mengangkut koper jemaah calon haji
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Sebanyak 7.042 jemaah calon haji untuk Kloter Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu, akan diberangkatkan melalui Embarkasih Padang pada Minggu besok, 7 Juli 2019. Penerbangan gelombang pertama ini, terbagi dalam 18 kloter.

Jumlah itu terdiri dari 13 kloter jemaah haji asal Sumatera Barat dan lima kloter jamaah haji asal Provinsi Bengkulu. Ada 388 jemaah yang akan terbang pada kloter pertama, melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau.

Selain 7.042 jemaah, embarkasi Padang, juga memberangkatkan sebanyak 37 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 90 orang petugas kloter.

“Masing-masing kloter, terdiri dari 388 orang. Didampingi lima orang petugas,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemanag) Provinsi Sumbar, Hendri, Jumat 5 Juli 2019.

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan, jemaah haji embarkasi Padang ini akan mulai masuk asrama Sabtu besok, 6 Juli 2019. Dia berharap, tidak ada kendala dalam pemberangkatan gelombang pertama ini. Pelayanan terbaik akan diberikan kepada seluruh jemaah.

“Kita juga bertekad, memberikan pelayanan haji tahun ini sebaik mungkin,” tuturnya.

Diketahui, Pemerintah Indonesia mulai memberangkatkan jemaah haji pada 6 Juli 2019. Jemaah haji yang akan diberangkatkan pada tanggal tersebut, mulai memasuki asrama haji pada Jumat 5 Juli 2019. Hal ini, tercantum dalam Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1440H/2019M yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU).

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis menyebutkan, sebanyak 1.800 jemaah akan diterbangkan pada 6 Juli 2019, yang terbagi dalam empat kloter. (asp)