Puluhan Calon Jemaah Haji Embarkasi Medan Batal Berangkat

Ilustrasi Jemaah Haji RI
Sumber :
  • Beno J/VIVA.co.id

VIVA – Puluhan calon jemaah haji embarkasi Medan batal menunaikan ibadah haji tahun 2019. Penyebabnya beragam, ada yang sakit hingga meninggal dunia.

Berdasarkan data Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, calon jemaah haji yang batal berangkat berasal dari Kabupaten Mandailing Natal dan Padang Sidempuan.

"Ada juga dari daerah lain dan sampai hari ini yang menunda atau gagal berangkat ada sekira 20 ke 30 orang," ujar Kasubag Dokumen Bidang Haji Kanwil Kemenag Sumut, Eri Nofa kepada wartawan di Medan, Rabu. 10 Juli 2019.

Penyebab mereka batal berangkat, menurut Eri, ada yang sakit, meninggal, hingga minta ditunda untuk menunggu mahramnya pada pelaksanaan haji tahun depan.

Sementara itu, untuk persoalan visa dan paspor, Eri mengungkapkan, tidak ada kendala yang berarti. Saat ini, Kementerian Agama Sumatera Utara sudah merampungkan paspor dan visa untuk enam kelompok terbang.

"Sisanya, kita sudah kirim tim ke Jakarta untuk menunggu sisa kloter lainnya. Mudah-mudahan saja untuk satu minggu ke depan, seluruh paspor dan visa sudah final. Kita doakan," kata Eri.

Embarkasi Medan pada musim haji 1440 Hijriah atau tahun 2019 ini akan memberangkatkan 8.466 calon jemaah haji, termasuk petugas kloter. Mereka tersebar di 22 kelompok terbang (kloter) dan setiap kloter terdiri atas 393 orang jemaah.

"Untuk kloter pertama, jemaah adalah asal kota Medan, masuk asrama haji pada tanggal 11 Juli dan kelompok terbang pertama akan dilepas keberangkatan menuju Madinah Arab Saudi pada 12 Juli malam hari," tutur Eri.