Pertamina Siapkan 10 Juta Liter Avtur untuk Angkutan Haji di Kualanamu

Truk Pertamina memasok Avtur untuk pemberangkatan haji 2019.
Sumber :
  • Pertamina.

VIVA – Pada musim Haji 2019, PT Pertamina Marketing Operation Region atau MOR I menyiapkan, sebanyak lebih dari 10 juta liter avtur untuk melayani kelompok terbang atau kloter haji di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo mengatakan, jumlah ini  meningkat 211 persen dibandingkan realisasi pada 2018, dengan jumlah tiga juta liter avtur. Ia mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik selama musim haji berlangsung.

“Peningkatan signifikan ini terjadi, karena adanya rute transit haji dari Banjarmasin dan Solo, melalui Bandara Kualanamu,” ungkap Roby kepada wartawan di Medan, Jumat siang, 12 Juli 2019.

Sesuai kordinasi dilakukan dengan Pihak Panitia Penyelenggara Haji (PPIH), Roby menjelaskan, pengisian dibagi dua fase, pemberangkatan dan kepulangan. Untuk pemberangkatan, pada 7 Juli sampai dengan 3 Agustus 2019. Pada fase ini, disiapkan sebanyak lebih dari 3,5 juta liter avtur. 

"Angka ini meningkat 120 persen, dibandingkan dengan fase serupa tahun sebelumnya sebanyak 1,6 juta liter," jelas Roby.

Sedangkan fase kepulangan, diperkirakan terjadi pada 17 Agustus sampai dengan 13 September 2019. Untuk fase ini, disiapkan sebanyak hampir 6,5 juta liter avtur.

"Jumlah ini, meningkat 302 persen dibandingkan fase kepulangan tahun 2018, sebanyak 1,6 juta liter avtur," ungkap Roby.

Keberangkatan haji dari Sumut terbagi menjadi dua embarkasi, yaitu embarkasi Kualanamu sebanyak 22 kloter dan embarkasi Banjarmasin sebanyak 17 kloter. Sementara itu, untuk kepulangan terdapat total 100 kloter. Terdiri dari embarkasi Solo 70 kloter dan embarkasi Cengkareng 30 kloter. Total embarkasi haji dari Sumut mencapai 139 kloter.

"Stok avtur yang tersedia di DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Kualanamu, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim haji 2019. Stok Avtur di DPPU Kualanamu, mampu memenuhi kebutuhan hingga 57 hari ke depan," ujar Roby.

Ia menjelaskan, DPPU Kualanamu dilengkapi tiga unit refueller dengan kapasitas 90 ribu liter, serta dilengkapi delapan Hydrant Dispenser. Untuk penyaluran avtur pada bulan Juli hingga September, diprediksi meningkat berturut-turut 26 persen, 25 persen, dan 36 persen dibandingkan kondisi normal. 

"Kenaikan dipersiapkan untuk mengantisipasi  bertambahnya penerbangan dari Bandara Kualanamu tujuan Tanah Suci. Baik penerbangan langsung maupun transit di kota lain," tutur Roby.

Roby menambahkan, Pertamina khusus melayani maskapai Garuda Indonesia yang mengangkut calon jemaah haji, berangkat dari Bandara Kualanamu menuju Madinah, Arab Saudi.

"Pada keberangkatan haji 9 Juli, disalurkan 61 ribu liter avtur. Itu pelayanan avtur untuk keberangkatan Calon Jamaah Haji Kloter 1 embarkasi Banjirmasin dan Solo," jelas Roby. (asp)