Sudah 8.900 Jemaah Haji Jatim Berangkat ke Tanah Suci

Jemaah haji dari Jawa Timur bersiap berangkat menuju Tanah Suci Mekah.
Sumber :
  • Nur Faishal

VIVA – Pemberangkatan jemaah haji melalui Embarkasi Surabaya sudah memasuki hari kesembilan pada Sabtu, 13 Juli 2019. Total jemaah asal Jawa Timur yang diberangkatkan mencapai 20 kelompok terbang (kloter), dengan jumlah 8.900 orang dan petugas haji sebanyak 100 orang.

"Alhamdulillah, sampai hari kesembilan ini pemberangkatan berjalan lancar. Terkait ada JCH (jemaah calon haji) yang sakit, tentu menunggu hasil pemeriksaan tim dokter. Kalau sudah layak berangkat tentunya kami masukkan ke kloter yang lain," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, Jamal.

Selama proses pemberangkatan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah menyita banyak aneka barang milik calhaj yang jenis atau jumlahnya tidak sesuai aturan penerbangan. Seperti ratusan slop rokok, ribuan jamu atau obat-obatan, hingga benda keras seperti cobek dan peralatan dari tembikar.

"Tapi semakin ke sini (makin lama) barang yang disita oleh petugas semakin sedikit, tidak seperti kemarin-kemarin," ujar Jamal.

Sementara itu, dengan visa jemaah, Kepala Bidang Dokumen PPIH Embarkasi Surabaya, Peni Wiluntari, menuturkan bahwa visa jemaah hingga hari kesembilan pemberangkatan aman. Semua visa jemaah yang akan berangkat sudah selesai. Bahkan, sejak Sabtu ini, visa yang sudah rampung dan siap sampai jemaah kloter 45.

"Visa yang sudah masuk Siskohat sampai kloter 45," katanya.

Peni menegaskan, pihaknya secara terus-menerus dan saksama melakukan kontrol terhadap proses visa jemaah. Apabila visa belum datang, tim menjemput langsung ke Jakarta untuk mengambil visa itu.

“Intinya, kami betul-betul memantau proses visa jemaah," ujarnya.

PPIH Embarkasi Surabaya memberangkatkan calon haji asal Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara Timur, sebanyak 38.150 orang. Mereka terbagi menjadi 85 kloter. Kloter 18 terbang dari Bandara Juanda pada Sabtu siang, pukul 13.30 WIB, Kloter 19 terbang pukul 15.30 WIB, dan Kloter 20 berangkat pukul 17.30 WIB.