Setibanya di Mekah, Jemaah Kloter 1 Surabaya Langsung Umrah

Jemaah haji Kloter I Surabaya langsung melaksanakan umrah setibanya di Mekah
Sumber :
  • MCH2019

VIVA – Sebanyak 449 jemaah  haji Indonesia yang tergabung dalam Kloter Surabaya 1 langsung melaksanakan umrah wajib setibanya di Kota Mekah, Minggu malam, 14 Juli 2019. Setelah beristirahat sejenak di hotel, jemaah asal Magetan ini langsung didorong ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah umrah wajib hingga Senin dini hari, 15 Juli 2019.

Pantauan Tim Media Center Haji (MCH), jemaah asal Magetan itu berangkat menuju Masjidil Haram dengan sepuluh bus shalawat sekira pukul 23.15 waktu Mekah. Jemaah hanya berada di bus sekitar 10 menit dan tiba di Terminal Syib Amir. Kemudian jemaah masuk ke dalam Masjidil Haram melalui Babussalam.

Jemaah langsung menunaikan ibadah umrah didampingi tim pembimbing ibadah. Jemaah melaksanakan ibadah perdananya di Masjidil Haram hingga pukul 01 dini hari waktu Mekah. Jemaah selanjutnya kembali ke hotel untuk beristirahat.

Sebelumnya, Calon jemaah haji Indonesia Kloter 1 Embarkasi Surabaya tiba dengan selamat di Kota Mekah, Minggu malam, 14 Juli 2019. Bus yang mengantarkan jemaah dari Kota Madinah itu tiba di hotel yang berada di Sektor 6 Mahbas Jin, Mekah, sekira pukul 20.30 waktu Arab Saudi.

Pantauan VIVA di depan Hotel Al Oksh yang berada di Sektor 6 Mahbas Jin, Mekah, calon jemaah haji disambut Konjen RI Jeddah, Hery Saripuddin bersama istri, Ketua Muassasah Asia Tenggara, Kepala Daker Mekah Subhan Cholid, bersama Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Daker Mekah Sektor 6.

Suasana penyambutan kedatangan jemaah asal Magetan ini begitu meriah. Lantunan Salawat Badar mengiringi jemaah saat turun dari bus dan masuk ke dalam hotel. Jemaah  diberikan 'welcome drink' oleh pihak hotel dan kurma. Jemaah diarahkan beristirahat sejenak di lobi hotel untuk kemudian beristirahat di kamarnya masing-masing.

Konjen RI di Jeddah, Hery Saripuddin bersyukur jemaah Kloter SUB1 tiba dengan selamat di Kota Mekah. Ia mengapresiasi pihak panitia dan muassasah yang saling berkoordinasi sehingga perjalanan jemaah dari Madinah ke Mekah berjalan lancar
 
"Ini berkat koordinasi dari semua bidang terkait dan kita yang di Mekah. Kita pantau keberangkatan para jemaah sejak di Madinah dan kita lihat juga kerja sama antara semua tim PPIH dengan muassasah sangat erat," kata Hery usai menyambut jemaah haji.