6.594 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Mekah Hari Ini

Jemaah haji Indonesia sudah mengenakan pakaian ihram siap berangkat ke Mekah. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

VIVA – Gelombang kedatangan jemaah haji Indonesia di Kota Mekah terus bertambah. Setelah pada dua hari kemarin, jemaah haji secara bertahap diberangkatkan dari Madinah menuju Mekah.

Jemaah yang diberangkatkan merupakan jemaah yang telah melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Setelah menuntaskan rangkaian ibadah di Madinah, jemaah haji diberangkatkan ke Mekah untuk menunaikan ibadah umrah dan persiapan puncak ibadah haji 9 Dzulhijah.

Berdasarkan data terkini dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Selasa, 16 Juli 2019, jumlah jemaah haji yang telah tiba di Kota Mekah sampai hari ini berjumlah 3.046 jemaah. 

Jumlah tersebut berdasarkan data kedatangan jemaah haji pada 14-15 Juli 2019 yang berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) 1 dan 2; Batam (BTH) 1 dan 2; Lombok (LOP) 1; Padang (PDG) 1; Jakarta-Bekasi (JKS) 1.

Sementara itu, untuk rencana kedatangan jemaah hari ini, data Siskohat menunjukkan sebanyak 6.594 jemaah akan tiba di Kota Mekah, hingga Selasa malam waktu Arab Saudi. Jumlah tersebut berasal dari 16 kloter.

Antara lain, Embarkasi Solo (SOC) 1, 2 dan 3; Jakarta-Pondok Gede (JKG) 1; Jakarta-Bekasi (JKS) 2, 3 dan 4; Palembang (PLM) 1, Surabaya (SUB) 3, 4 dan 5; Makassar (UPG) 1; Lombok (LOP) 2; Batam (BTH) 3; dan Padang (PDG) 2.