450 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Mekah

Jemaah Kloter 1 UPG (Makassar) tiba di Mekah.
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Kloter 1 jemaah haji asal Makassar tiba di Kota Mekah, Selasa 16 Juli 2019. Jemaah yang berjumlah 455 orang menumpang 10 bus disambut meriah oleh Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid dan Ketua Sektor 2 Kaswad Sartono. Lagu 'Angin Mamiri' mengiringi kedatangan di hotel yang berada di wilayah Syisyah. 

Ketua Sektor 2 Kaswad Sartono mengatakan seluruh personilnya siap menerima kedatangan jemaah haji asal Embarkasi Makassar (UPG). Sesuai jadwal, sektor yang dia pimpin akan menerima 53 kloter jemaah haji Indonesia untuk ditempatkan di hotel-hotel sekitar Mekah.

Sementara untuk hari Selasa, 16 Juli 2019, jemaah yang diterima baru Kloter 1 UPG. Jemaah di kloter ini berjumlah 450 orang dan 5 orang petugas haji.

"Alhamdulilah, laporan dari Madinah seluruhnya berangkat ke Mekah. Mudah-mudahan dari Mekah pulang ke Sulawesi Selatan dengan jumlah yang utuh, dan memperoleh haji yang mabrur, amin," kata Kaswad saat ditemui di Hotel Tayeeb.

Menurut Kaswad, Kloter 1 UPG ini ditempatkan di dua hotel berbeda. Hotel Tayeeb (235) menampung paling banyak jemaah asal Makassar dengan kapasitas 400 jemaah dan hotel 236 yang berlokasi di sebelahnya menampung sisa jemaah. 

"Tapi walaupun beda tempatnya berdekatan cuma beda satu hotel saja. Insya Allah kita sudah mengantisipasi bagaimana memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada seluruh jemaah yang ada di sektor 2 ini," ujarnya. 

Di sisi lain, persiapan katering, Kaswad sudah memastikan bahwa katering siap melayani jemaah haji. Hidangan selamat datang juga sudah siap diberikan kepada jemaah di kamarnya masing-masing. 

"Kita sudah sampaikan bahwa makan siang akan diterima dari jam 8 sampe jam 11. Kemudian makan malam disiapkan dari jam 4 sampai jam 6, jadi semua sudah disiapkan tinggal bagaimana kita menjaga kebersamaan, kedisiplinan dan dedikasi seluruh petugas yang ada di sektor ini yang berjumlah 68 orang," ungkapnya.

Kemudian dari sisi pendampingan ibadah, Kaswad berharap tiga petugas, yakni pembimbing kloter TPIHI, layanan ibadah dan konsultan ibadah, bersatu punya persepsi yang sama melayani jemaah di sektor ini.

"Insya Allah akan dikunjungi masing-masing, alhamdulillah di hotel ini ada aula musala besar di B2, insya Allah bisa menampung 900 orang. Insya Allah akomodasi di Sektor 2 ini bisa memberikan pelayanan yang terbaik," tegasnya.