Hotel di Mekah Dihuni 5 Jemaah Haji Satu Kamar, Ini Alasannya

Ruang kamar hotel jemaah haji di Hotel Al Oksh di Mekah
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Sekitar 214 ribu jemaah haji Indonesia akan menempati 173 hotel di Mekah yang tersebar di tujuh wilayah zonasi meliputi Mahbas Jin, Aziziah, Jarwal, Misfalah, Syisyah, Raudhah, dan Rei Bakhsy. Semua hotel telah di sewa full musim di Mekah, termasuk tiga hotel cadangan.

Untuk kapasitas kamar hotel yang ditempati jemaah haji, jumlahnya beragam. Jumlah kamar tergantung kapasitas hotel masing-masing. Ada yang bisa menampung hingga dua kloter, ada juga yang hanya bisa menampung kurang dari satu kloter. Akan tetapi semua hotel berdasarkan zonasinya memang berdekatan. 

Begitu juga untuk kapasitas tempat tidur dalam hotel. Sangat tergantung dari luasnya hotel dan jumlah kamar yang tersedia. Umumnya, satu kamar hotel untuk jemaah haji atau umrah di Mekah dan Madinah, dihuni minimal dua sampai enam orang.

Jangan membayangkan hotel atau penginapan di wilayah lain, yang umumnya hanya terdiri dari single bed atau twin bed. Di Tanah Suci ini, kapasitas tempat tidur diatur berdasarkan Ta'limatul Hajj atau peraturan perhajian yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

Kepala Seksi Akomodasi Daker Mekah, Abduh Diyaurrahman, pemilihan hotel untuk jemaah haji dilakukan pengecekan secara detil. Setiap kamar hotel yang akan disewa diukur luasnya (tamtir) dan berapa kapasitas yang bisa ditempati jemaah.

"Semua kamar harus diperiksa, harus diukur, satu-satu," kata Abduh saat ditemui Tim MCH akhir pekan lalu. 

Berdasarkan Ta'limatul Hajj, penghitungan kapasitas kamar untuk jemaah haji atau umrah versi Arab Saudi, yakni seluruh luas hotel dibagi 4 meter persegi. "Itulah kapasitas jemaah," ujarnya.

"Kalau kita mengukur luasnya (minimal) 3,5 meter persegi sampai ke atas, dan kamar yang paling sedikit 2 kapasitas, paling banyak 6 kapasitas. Ada kamar yang lebih luas dari itu, ya tetap kita isi 6 kapasitas," terang Abduh.

Untuk hotel jemaah haji dipisahkan berdasarkan jenis kelamin. Sedangkan penempatan kamar masing-masing jemaah menggunakan data Siskohat. "Walaupun suami istri tidak ditempatkan sekamar," imbuhnya.