Sitti Ammase, Nenek Berusia 102 Jadi Haji Tertua di Sulawesi

Sitti Ammase, jemaah haji asal Bone, Sulawesi Selatan yang berusia 102 tahun.
Sumber :
  • Andar Nandar/ Bone

VIVA – Sitti Ammase, calon jemaah haji asal Bone, Sulawesi Selatan, yang tercatat sebagai jemaah tertua untuk wilayah Sulawesi Selatan. Meski usianya sudah mencapai 102 tahun, tapi dia sangat semangat menyambut jadwal keberangkatan ke Tanah Suci.

Nenek Sitti adalah jemaah asal Desa Lanca, Kecamatan Tellu, Bone, Sulawesi Selatan. Dia merupakan salah satu dari sekian jemaah lansia yang beruntung karena berangkat tahun ini dari kuota tambahan.

Kuota tambahan memang cukup banyak diberikan untuk jemaah di Bone. Hal ini lantaran Bone tercatat sebagai kabupaten dengan jemaah lansia terbanyak.

Nenek Sitti yang baru saja berulang tahun rencananya akan berangkat bersama anaknya. Persiapan fisik dan mental telah dilakukan. Kontrol kesehatan secara rutin dia lakukan demi kelancaran ibadah haji nantinya.

"Nenek Sitti akan didampingi oleh Kamaluddin yang merupakan putra tertuanya," ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama, H Anwar, Kamis 18 Juli 2019.

Seperti diketahui, Kabupaten Bone akan memberangkatkan sebanyak 856 jemaah haji yang terbagi menjadi tiga kloter. Sementara Nenek Sitti tergabung kloter 36 Embarkasih Makassar.

"Kita telah mempersiapkan pemdamping khusus untuk Nenek Sitti. Diharapkan ibadah hajinya akan berjalan lancar," katanya.

Laporan: Andar Nandar/ Bone, Sulawesi Selatan.