Jelang Kedatangan Jemaah Haji Gelombang II, PPIH Mekah Siaga 24 Jam

Petugas haji Daker Mekah menyambut kedatangan jemaah haji embarkasi Solo
Sumber :
  • MCH 2019/Bahauddin

VIVA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Mekah bersiap menyambut kedatangan jemaah haji gelombang kedua yang dijadwalkan mendarat Sabtu, 20 Juli 2019. Kloter 18 Embarkasi Makassar (UPG 18) mengawali kedatangan gelombang kedua di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 03.20 waktu Arab Saudi.

Di saat bersamaan, PPIH Mekah juga secara bertahap menerima kedatangan jemaah haji gelombang pertama dari Madinah. Dengan demikian, kedatangan jemaah haji Indonesia di Mekah berasal dari dua arah, Madinah dan Bandara Jeddah.

Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid mengingatkan semua petugas di seluruh sektor bersiap menghadapi gelombang kedatangan jemaah haji Indonesia, baik dari Madinah maupun Jeddah. Menurutnya, untuk kedatangan jemaah dari Madinah masih dibatasi waktu, paling akhir pukul 02.00 dini hari.

Tapi untuk jadwal kedatangan jemaah gelombang kedua dari Bandara Jeddah, menyesuaikan dengan slot penerbangan sehingga tidak dibatasi waktu kedatangan jemaah di Kota Mekah.   

"Mulai hari ini mereka harus sudah siap 24 jam. Hari ini akan lakukan koordinasi dan pembagian tugas masing-masing selama 24 jam. Selain melayani kedatangan dari Madinah juga sudah bersiap melayani kedatangan jemaah dari Jeddah," kata Subhan Cholid di Kantor Urusan Haji Mekah, Jumat pagi, 19 Juli 2019.

Dengan dimulainya kedatangan jemaah dari dua arah ini, Subhan mengingatkan kepada seluruh petugas PPIH Mekah agar mulai hari ini menyesuaikan waktu. "Yang biasanya mereka memulai kegiatan pagi setelah waktu Duha, ya jam 11 mereka siap dan berakhir jam 2 dini hari, nah mulai hari ini mereka harus sudah siap 24 jam," tuturnya.

Berdasarkan data Siskohat hingga hari ke-13 kedatangan jemaah haji Indonesia, tercatat sudah 82.928 jemaah dan petugas yang tiba di Arab Saudi. 19.896 jemaah di antaranya, saat ini telah berada di Kota Mekah.

"Mereka tergabung dalam 48 kloter, dari 202 kloter yang telah tiba di Arab Saudi, hingga sore pukul 19.00 kemarin," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Daker Mekah Nurhannudin.