Mulai Dipadati Jemaah, Petugas Haji Sektor Masjidil Haram Ditambah

Ribuan umat melakukan tawaf dan peribadatan di Masjidil Haram, Mekah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA – Mengantisipasi kepadatan di Masjidil Haram jelang puncak ibadah haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Mekah menurunkan seluruh personel Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH) untuk membantu petugas Sektor Khusus Masjidil Haram. 

"Untuk P3JH seluruhnya sudah kita deploy ke sektor khusus, sehingga personil yang ada di sektor khusus dibackup 24 personel P3JH yang tadinya ada di sektor-sektor. Nah mulai kemarin mereka sudah kita deploy di Masjidil Haram," kata Kadaker Mekah, Subhan Cholid di kantor KUH Mekah, Jumat, 19 Juli 2019.

Pengerahan petugas P3JH ini dalam rangka mengantisipasi kepadatan jemaah, khusus jemaah Indonesia yang akan beribadah di Masjidil Haram. Petugas tambahan dari P3JH ini nantinya akan bergabung ke dalam enam pos sektor khusus Masjidil Haram.

"Sehingga apabila jemaah memerlukan bisa mencari petugas-petugas tersebut pada titik-titik yang telah ditetapkan," ujarnya.

Penambahan petugas di Masjidil Haram, lanjut Subhan, juga untuk mengantisipasi kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua. Dari semula kedatangan dari Madinah hanya 17-18 kloter per hari, mulai besok, ditambah kedatangan dari Jeddah bisa mencapai 25 kloter per hari. "Ini akan cukup luar biasa gelombang kedatangan jemaah ke Masjidil Haram," terang Subhan.

Untuk mencegah kepadatan di Masjidil Haram, Subhan mengimbau kepada para jemaah agar bisa memanfaatkan layanan bus Shalawat ke Masjidil Haram dan bisa menentukan waktunya sendiri, tidak harus bersamaan dengan waktu-waktu salat. Karena di luar waktu salat, bus Shalawat tetap beroperasi.

"Jemaah juga bisa memantau aktivitas di Masjidil Haram di layar-layar TV yang ada di hotelnya masing-masing, dan bisa memperkirakan waktu kapan, jam berapa Masjidil Haram itu agak lengang tanpa harus mencari alternatif angkutan lain, karena bus Shalawat beroperasi selama 24 jam," ungkapnya.